Wali Kota Blitar Santoso Ikut Kunjungan Jenderal Dudung ke Makam Bung Karno dan Istana Gebang - WisataHits
Jawa Timur

Wali Kota Blitar Santoso Ikut Kunjungan Jenderal Dudung ke Makam Bung Karno dan Istana Gebang –

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Walikota Blitar Santoso menyambut baik kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, ke Kota Blitar pada Kamis (10/06/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Jenderal Dudung langsung berziarah ke makam Bung Karno. Kemudian dilanjutkan dengan wisata sejarah Istana Gebang yang merupakan rumah masa kecil Pahlawan Proklamator.

“Saya ke Malang tadi untuk melihat korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan. Saya juga melihat anggota di sana dan membayar kompensasi kepada para korban yang meninggal. Kemudian saya pergi ke PT Pindad dan berhenti di Blitar yang selalu menjadi keinginan saya, tetapi sekarang saya sudah sampai di Blitar,” kata Jenderal Dudung.

Jenderal Dudung mengungkapkan sangat mengagumi karakter Ir Soekarno. Ia pun senang bisa menunaikan ibadah haji secara langsung serta melihat benda dan situs bersejarah lainnya peninggalan para founding fathers bangsa.

“Menurut saya, Bung Karno adalah pendiri bangsa Indonesia yang idealisme, patriotisme, dan nasionalismenya tidak terbantahkan, dan kita harus berterima kasih padanya. Semoga semangatnya membawa kita semua bangsa Indonesia,” ujarnya.

Usai mengunjungi Blitar, jenderal bintang empat itu berkunjung ke Jombang untuk berziarah ke makam Presiden ke-4 Republik Indonesia Gus Dur. Kemudian kembali ke Surabaya dan kembali bertugas.

“Alhamdulillah, impian saya untuk mengunjungi Blitar telah terwujud. Kita bisa kembali ke Blitar, insya Allah,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Blitar Santoso mengaku senang bisa melakukan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Kota Blitar. Menurutnya, kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk datang ke Kota Blitar, tempat di mana bapak pendiri bangsa dimakamkan.

Kota Blitar juga memiliki fasilitas dan museum untuk mempelajari pemikiran Bung Karno. Kota kecil di selatan Jawa Timur ini menjadi pusat belajar tentang nasionalisme bangsa.

Kita bisa belajar tentang api semangat juang Bung Karno dari Blitar. Dan pemikiran Bung Karno masih sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan dan untuk memecahkan masalah bangsa. Salah satu yang didorong Bung Karno adalah gotong royong yang perlu dikembangkan di masa-masa sulit seperti ini di masyarakat,” kata walikota yang dikenal peduli pada anak kecil.

Pengarang: MEIDIAN DONA DONI

Lanjut membaca

Source: hariansiber.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button