Wakil Presiden DPRD Jawa Tengah Heri Pudyatmoko Dukung Wisata Kreatif Berbasis Budaya Lokal – Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Presiden DPRD Jawa Tengah Heri Pudyatmoko Dukung Wisata Kreatif Berbasis Budaya Lokal – Halo Semarang

HALO WONOSOBO – Pasca pandemi Covid-19, perekonomian Jawa Tengah mulai tumbuh karena mobilitas masyarakat yang tidak terbatas. Data terakhir tingkat pengeluaran pemerintah pada Juli 2022 adalah 130,2 yang berarti kenaikannya 30% lebih tinggi.

Salah satu kontribusi tersebut didorong oleh sektor pariwisata di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Wonosobo yang merupakan kawasan primadona bagi wisatawan.

Sektor pariwisata di Wonosobo yang terkenal dengan wisata alamnya yang sejuk, mendorong Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Heri Pudyatmoko untuk mendorong pemerintah daerah mengembangkan pariwisata berbasis budaya lokal.

Politisi Gerindra itu mengatakan, Kabupaten Wonosobo yang kaya akan budaya lokal mulai dari kuliner, kesenian dan sejenisnya, juga bisa menjadi bagian dari wisata edukasi dan kreatif.

“Wonosobo memiliki banyak hal, seperti budaya lokal, menjadi objek yang menarik wisatawan,” kata Heri saat kegiatan Sosialisasi Non Regulasi, Selasa (20/9/2022) di Kaliwiro, Wonosobo.

Mempresentasikan kegiatan yang dihadiri berbagai kalangan seperti aktivis dan tokoh masyarakat, Heri Pudyatmoko menambahkan, semua pihak diharapkan bersinergi untuk lebih mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini. Baik pemerintah, masyarakat, pengusaha dan lain-lain. Termasuk merumuskan pola dalam pengemasan dan pemasaran pariwisata.

“Saya kira Wonosobo lebih mudah dibanding daerah lain karena potensi dan kerukunan masyarakatnya,” imbuhnya.

Salah satu panelis, Wibowo, aktivis muda asal Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, mengatakan penting untuk mengajak generasi muda berperan aktif dalam diskusi ini. Menurutnya, generasi muda selalu ingin up to date dan kreatif.

“Kami akan mengemasnya untuk kaum milenial dan menjadikannya viral,” jelasnya.

Diskusi tentang “Wisata Kreatif Berbasis Budaya Lokal” berlangsung menarik. Salah satu peserta, Septiani, mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan provinsi untuk mendukung apa yang telah dibahas dalam diskusi ini.

“Kami sangat membutuhkan pembinaan dan dukungan dari pemerintah daerah dan provinsi, Pak. Kalau kita sendiri, akan sulit,” kata Septi.

Menyikapi hal tersebut, Heri Pudyatmoko juga mendukung penuh program-program yang dapat ditempuh untuk membantu mensukseskan pariwisata berbasis budaya lokal.

“Saya dukung, nanti dikomunikasikan,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng yang juga sudah lama terlibat dalam penguatan budaya lokal di Jateng (HS).

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button