Wakil Menteri ATR Raja Juli menyerahkan empat Sertifikat Tanah Gereja di Jakarta Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Menteri ATR Raja Juli menyerahkan empat Sertifikat Tanah Gereja di Jakarta Selatan

TEMPO.CO, jakarta – Wakil Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyerahkan empat sertifikat tanah gerejawi kepada Gereja Yesus Kristus Tuhan, Gereja Misionaris Injili Indonesia (GMII), dan Keuskupan Agung Jakarta Pejaten, Jakarta Selatan

“Sesuai instruksi Menteri Hadi, selain pengelolaan tanah HGU (Hak Guna Usaha), kita juga harus memperhatikan tanah wakaf dan tempat ibadah,” kata raja dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Selasa, Desember 13, 2022.

Raja Juli, politisi PSI, mengatakan pihaknya terus mengejar sertifikasi tanah wakaf dan tempat ibadah yang harus selesai pada 2024.

Ia mengatakan, pemberian sertifikat merupakan bentuk perlindungan pemerintah agar umat beragama mendapatkan kenyamanan dalam beribadah.

“Dengan adanya sertifikat ini, akan ada kepastian hukum sehingga mafia tanah tidak bisa lagi mencampuri hak-hak rakyat,” kata Raja

Ia juga mengimbau seluruh umat beragama untuk segera mendaftarkan aset tanahnya. “Kementerian ATR/BPN akan bertindak cepat insya Allah. Ayo daftarkan tanahnya ke Badan Pertanahan setempat,” kata Raja.

Ia menjelaskan, pemerintah khususnya Kantor Pertanahan memberikan perhatian khusus pada sertifikasi tempat ibadah sebagai upaya pengelolaan tanah untuk mewujudkan tertib penatagunaan tanah.

Pada tahun 2022, Kementerian ATR/BPN menyerahkan total 18.852 sertifikat tanah wakaf dan tempat ibadah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: IMB dan Izin Utama Bangun Gereja Diterima, GPIB Ucapkan Terima Kasih Kepada Anies Baswedan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button