Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah mendorong pengembangan wisata religi dan sejarah - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah mendorong pengembangan wisata religi dan sejarah

Zona Wonosobo – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Heri Pudyatmoko mendorong pengembangan wisata religi dan sejarah di wilayah Jawa Tengah. Selain itu, potensi wisata religi di provinsi ini sangat besar, yang menjadi tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Seperti Candi Borobudur di Magelang, Candi Sam Poo Kong di Kota Semarang, Masjid Demak dan peninggalan Wali Songo, Sunan Kudus, peninggalan Sunan Bonang di Rembang, Candi Prambanan, Dieng, Candi Ratu Boko dan masih banyak lagi.

Menurutnya, wisata religi khususnya tempat ziarah di Jawa Tengah memiliki daya tarik dan potensi penjualan yang besar.

Baca Juga: Hasil Liga 3 Jateng: Kalahkan Persibas 1-0, PSIW Lolos Ke Babak Selanjutnya

“Ada beberapa potensi destinasi wisata religi di Jawa Tengah seperti Demak, Kudus, Kota Semarang, Magelang, Wonosobo dan beberapa tempat lain yang bisa digenjot untuk menarik wisatawan mancanegara. Sangat perlu dukungan dari pemerintah Jateng untuk terus mempromosikan beberapa potensi wisata tersebut dan mengenalkan masyarakat ke luar negeri,” kata politikus Partai Gerindra itu dalam siaran pers yang diperoleh Zona Wonosobo, Jumat, 16 Desember 2022.

Namun potensi wisata ini perlu dibarengi dengan inovasi dan kreativitas yang tidak konvensional agar menjadi daya tarik industri. Pariwisata dikatakan memiliki multiplier effect, ketika wisatawan berkunjung ke suatu destinasi tentu mereka mencari makanan khas daerah bahkan oleh-oleh. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia harus dipelihara dengan baik.

“Dengan digitalisasi promosi wisata ini, potensi wisata religi di Jateng bisa tersaji ke masyarakat luas,” tegasnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Sopir Teganya Mencekik Majikannya di Sunter Agung Soal Utang

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menyerukan “Ayo piknik lokal” saat menjadi pembicara pada peluncuran 100 paket wisata Nusantara (Pak Wisnu) yang digelar secara hybrid di Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta pada Senin, 5 Desember 2022.

Gerakan tersebut dilakukan untuk mendukung dan memajukan dunia pariwisata di Indonesia. Acara peluncuran dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button