Wakil Bupati Sleman: Pemanfaatan kawasan perbukitan harus menjaga kelestarian alam - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Wakil Bupati Sleman: Pemanfaatan kawasan perbukitan harus menjaga kelestarian alam – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Danang Maharsa, Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menegaskan bahwa dalam memanfaatkan kawasan perbukitan di Sleman untuk pembangunan ekonomi, tetap harus diperhatikan kelestarian alam dan lingkungan setempat.

“Seiring waktu, kawasan perbukitan kini dipandang sebagai idola untuk dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi,” kata Danang dalam lokakarya Kajian Inventarisasi dan Rekomendasi Pemanfaatan Bukit di Kabupaten Sleman, Selasa.

Meski kawasan perbukitan memiliki prospek yang baik untuk pengembangan ekonomi, namun ia yakin masyarakat harus selalu mengingat dan memahami batas-batas pemanfaatannya.

Baca Juga: Bantul Rekomendasikan Tidak Ada Bangunan di Tebing Bukit Bintang Piyungan

“Kalau tidak diatur, akan dikeruk secara bebas, dieksploitasi habis-habisan, lalu alam akan rusak. Itu bahayanya, jadi perlu dikaji mana yang legal untuk pariwisata, mana yang legal untuk perumahan,” ujarnya.

Danang juga mengapresiasi agenda yang mempertemukan para pemangku kepentingan terkait perbukitan di Kabupaten Sleman yang digelar Dinas Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

“Kegiatan ini kami apresiasi, khususnya terkait eksploitasi bukit, baik untuk wilayah Sleman Timur, Sleman Utara, dan Sleman Barat yang saat ini semakin diminati untuk pembangunan ekonomi. Saya menugaskan mereka untuk melakukan kajian dengan para ahli,” ujarnya.

Ia juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk berkontribusi dan terlibat aktif dalam diskusi untuk memberikan saran perbaikan. “Sehingga diharapkan akan dihasilkan kajian dan bahan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, sesi workshop dimoderatori oleh Emmy Retnosasi, Kepala Dinas Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Sleman, sedangkan materi disampaikan oleh Dr. Jatmiko Setiawan dan Dr. C. Prasetyadi dari Pusat Studi Mineral dan Energi UPN Veteran Yogyakarta.

Baca Juga: Destinasi Bukit Paralayang Hadirkan DIY Pemandangan Laut Selatan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button