Wakil Bupati Garut Terima Kunker dari Pemkab Belitung Timur - WisataHits
Jawa Timur

Wakil Bupati Garut Terima Kunker dari Pemkab Belitung Timur

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut, Dr. Helmi Budiman, menerima kunjungan kerja (kunker) dari Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin dan rombongan pada Kamis (21/7/2022) di Ruang Pamengkang, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Helmi mengatakan pertemuan kali ini terkait dengan pertukaran pandangan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dengan Pemerintah Kabupaten Beltim, khususnya di bidang pariwisata.

“Untuk pertambangan, jujur ​​kami masih harus banyak belajar karena ini (Belitung Timur) sudah sangat tua dengan pertambangan. Kalau kita tambang emas, baru sekarang jadi tambang emas, kalau di zaman Belanda timah sudah ada. Ada banyak hal, terutama ketika kita bisa menambang, bagaimana mendapatkan izin orang untuk menggali, bagaimana benar-benar mengelola tidak hanya untuk menambang saja, “kata Helmi.

Dalam kegiatan ini juga memperkenalkan wisata milik Garut, mulai dari destinasi wisata yang sedang dibangun yaitu Situ Bagendit, hingga wisata belanja yaitu Kerajinan Kulit dan Dodol Garut.

“Memang andalan kita pariwisata, Pulau Jawa inflasinya (atau) pertumbuhannya (ekonominya) tidak terlalu rendah, masih bisa dilakukan karena jumlah penduduknya juga besar kan? Alhamdulillah, jadi sektor pariwisata kita di Garut tidak terlalu turun, pertumbuhan ekonomi kita positif 3,5,” ujarnya.

Ia berharap pengalaman Garut bisa dijadikan contoh di Kabupaten Beltim, apalagi menurutnya Garut memiliki desa yang baik dan bisa dijadikan contoh.

“Pokoknya kami senang apa yang ada di Garut bermanfaat untuk saudara-saudara kami, dan tentunya kami juga berterima kasih dari Belitung, banyak uang di Belitung, (jadi) bisa belanja di sini”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Beltim Burhanudin mengatakan, rombongannya datang ke Kabupaten Garut untuk melakukan studi replika di desa Sukalaksana karena menurutnya desa tersebut merupakan desa yang cukup bagus dan juga memiliki branding yang baik.

“Tetap kelola BUMDes dan konsep pengelolaan desa sangat baik, makanya (kami) mengajak teman-teman (kepala desa) untuk belajar di desa Sukalaksana,” kata Burhanudin.

Ia mengumumkan, tindak lanjut kegiatan pihaknya akan mencoba mengimplementasikan hasil temuan kunjungan kerja kali ini di Kabupaten Beltim.

“Banyak hal yang kami dapatkan dari kepala desa yang luar biasa, dan juga dari teman-teman di BUMDes-nya tentang bagaimana membangun kebersamaan desa dengan pemangku desa untuk menjadikan desa Sukalaksana desa yang cukup untuk mendapatkan PAD desa, luar biasa,” katanya.

Belitung Timur sendiri sudah lama dikenal sebagai daerah pertambangan. Namun, menurut Burhanudin, pihaknya tidak bisa lagi mengandalkan hal tersebut. Karena itulah pihaknya saat ini sedang mempersiapkan era pascatambang.

“Kalau Pulau Belitung sudah menjadi 10 besar destinasi wisata Indonesia karena terkenal dengan film Laskar Pelangi, tinggal kita kemas ulang saja. Jadi kalau istilahnya paska pandemi Covid, kita dorong teman-teman kita untuk membangun kembali desa ini,” ujarnya.

Source: hariangarutnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button