Wakil Bupati Garut mengajak masyarakat yang gemar makan ikan - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Bupati Garut mengajak masyarakat yang gemar makan ikan

PORTAL JABAR, CAB. GARUT – Pemdakab Garut menyelenggarakan Sosialisasi Makan Ikan atau disingkat Gemarikan di tingkat Kabupaten Garut di Kawasan Fitur Wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Kamis (12-08-2022) melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Disanaka) Kabupaten Garut tahun 2022.

Di awal kegiatan ini, Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman bersama Kepala Dinas Anak Garut Sofyan Yani, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut, Karnoto bersama tamu undangan lainnya melepas 20.000 bibit ikan di kawasan Situ Cangkuang.

Wakil Bupati Garut mengatakan Gemaricans ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka senang makan ikan, meskipun tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Garut saat ini di atas rata-rata Jabar, namun masih jauh di bawah rata-rata nasional.

“Artinya masyarakat kita perlu ditingkatkan lagi supaya kita makan ikan lebih banyak, kita sekarang peringkat 38 (kg/kapita/tahun), provinsi 37, pusat 55, jadi harus lebih banyak kegiatan (seperti) lagi, tidak hanya di poin ini, itu poin kedua setelah Wanaraja, nanti mungkin tiga, tiga atau lima poin tahun depan, karena itu memang harus disosialisasikan secara masif,” ujar Wakil Bupati von Garut.

Selain itu, tambah Helmi, masih banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang makan ikan yang konon menyebabkan cacingan sehingga membuat mereka takut melihat mata ikan. Selain itu, pihaknya memiliki pekerjaan rumah (PR) yakni angka stunting yang menurutnya masih cukup tinggi.

“Tapi 2024, dalam 2 atau 1 tahun, kita harus mencapai 14 persen (tingkat stunting), artinya semua potensi (ikan) perlu dimaksimalkan. Ikan ini sumber protein yang baik, kebanyakan yang kerdil karena kekurangan protein, jadi pas kelaparan dengan Gemarikan,” imbuhnya.

Untuk itu Wakil Bupati Garut mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, apalagi ikan ini memiliki banyak jenis mulai dari ikan segar hingga ikan laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button