Wakil Bupati Garut: Festival pangan lokal untuk mengatasi krisis pangan ke depan - WisataHits
Jawa Barat

Wakil Bupati Garut: Festival pangan lokal untuk mengatasi krisis pangan ke depan

PESAN PRIBADI – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman selaku Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Garut mengikuti “Festival Pangan Lokal” di Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut pada Minggu 13 April 2019.

Dalam sambutannya, Helmi meminta dukungannya agar Garut menjadi daerah pertanian dan wisata.

“Alhamdulillah, semua yang berkumpul di sini merupakan bagian tak terpisahkan dari promosi pertanian dan pariwisata. Jadi tidak ada salahnya Garut dijadikan sebagai tempat festival makanan lokal atau festival panen. Garut adalah daerah agraris, maka kami siap menjadi basis pertanian karena secara geografis 70 persen masyarakat agraris dan wilayahnya adalah daerah pertanian,” ujarnya.

Baca Juga: Pingsan Mendengar Kabar Kakak Meninggal Saat Berlomba, Atlet Berliana Garut Raih Medali Emas

Menurut Helmi, pariwisata dan pertanian di Garut merupakan anugerah yang sangat besar, pemandangan yang indah, udara yang sejuk dan kawasan pertanian. Kotamadya juga terbiasa dengan pertanian budaya, yang sangat ramah,

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu mengatakan pemerintah harus mengambil langkah konkrit dan berhenti main-main untuk merespon krisis pangan 2023.

“Saya kira pemerintah harus berhenti gimmick, untuk mengatasi krisis ini tidak bisa dengan gimmick. Kita harus bekerja sama,” kata Haru.

Baca Juga: Pengacara Rohimah Pertanyakan Janji Pemkab Garut tentang Bantuan Biaya Hidup

Ia mencontohkan, di tingkat daerah, mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota, perlu dilakukan upaya untuk menggali potensi pangan lokal. Kemudian pemerintah juga harus mulai mengkonsumsi pangan lokal dengan membeli pangan dari petani.

“Hal yang paling membahagiakan bagi petani adalah harga yang wajar sehingga tidak merugi sehingga bisa berjalan, dan apa yang diinginkan petani, tidak membuat mereka merugi,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button