Wagub Emil mengharapkan hubungan baik antara Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Surakarta Jawa Timur dengan Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Wagub Emil mengharapkan hubungan baik antara Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Surakarta Jawa Timur dengan Provinsi Jawa Timur

Wagub Emil mengharapkan hubungan baik antara Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Surakarta Jawa Timur dengan Provinsi Jawa Timur

Letnan Gubernur Emil mengharapkan hubungan baik antara Jatim dan Surakarta

Diunggah pada: 20 Jan 2023 21:13:06 8

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat ramah tamah dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/1/2023).

Ruang Berita Jawa Timur – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap terjalin hubungan baik antara Jawa Timur dengan Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Hal ini karena masyarakat akan merasakan banyak manfaat karena Jawa Timur dan Kota Surakarta membangun sinergi yang kuat. Selain itu, kedua kawasan ini berdekatan.

“Sebelumnya perbincangan kami sangat seru dan ternyata walikota memiliki banyak visi untuk mempererat silaturahmi antara kabupaten/kota Solo dan Jawa Timur seperti Madiun dan Ngawi,” ujarnya saat ramah tamah dengan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. Raka Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (20/01/2023).

“Kami membayangkan bahwa kami dapat bergerak maju bersama dan pada saat yang sama melanjutkan apa yang telah dimulai di sini. Ini bukan tentang menang dan kalah, ini tentang menang bersama. Ini jelas akan menjadi win-win solution bagi kita semua,” tambahnya.

Wagub Emil kemudian mengatakan pembicaraan hubungan kedua daerah sudah berlangsung sejak Oktober 2022. Saat itu, Letnan Gubernur Emil menaruh minat pada kepemimpinan Gibran yang menurutnya tidak biasa.

“Saya ketemu Mas Walikota saat acara Youth 20. Kemudian saya berkata jika saya punya waktu saya ingin berbicara dengannya dan mendengar tentang pengalamannya memimpin Solo. Dia memiliki latar belakang kewirausahaan dan gaya yang saya rasa sudah ketinggalan zaman dengan kotak pemecahan masalah dan rintangan birokrasi.

Dari hasil diskusi yang digelar, Wagub Emil menunjukkan betapa banyak ide yang dimiliki Gibran untuk mempererat kerjasama antara Jatim dan Surakarta. Ini termasuk bidang bisnis, budaya dan transportasi.

“Salah satu yang kami diskusikan adalah konektivitas jalan raya. Dia sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar perjalanan dari sini ke Madiun tidak hanya nyaman dengan mobil, tapi juga dengan kereta api. Makanya kita coba optimalkan rute dan gerbongnya,” pungkasnya.

Untuk budaya, Emil mengatakan banyak peluang wisata di Jawa Timur yang bisa dikunjungi masyarakat Surakarta. Termasuk Benteng Van den Bosch di Kab.Ngawi yang baru-baru ini mendapat tindakan pemugaran atas perintah Presiden RI Joko Widodo.

“Karena Solo itu untuk maju dengan konsep Mas Wali bersama dengan daerah sekitarnya. Baik di Jawa Tengah maupun di daerah perbatasan Jawa Timur seperti Madiun atau Ngawi,” jelasnya.

Meski demikian, diakui Emil memang ada tantangan tertentu yang harus dihadapi untuk bergerak menuju perubahan. Namun dia tetap optimis apa yang dilakukan pemerintah akan membawa manfaat bagi masyarakat.

“Saya hanya ingin berbagi pengalaman bahwa yang namanya fiksasi itu wajar, selalu ada pihak yang merasa dirugikan. Tapi saya melihat walikota memiliki keberanian untuk membantu banyak orang. Tentu saja, Anda harus mau menerima kritik dan memikirkan bagaimana masalah Anda bisa diselesaikan,” imbuhnya.

“Kurang lebih mirip karena saya bupati. Coraknya memang tidak 100% sama, tapi menurut saya apa yang Mas Wali lakukan akan membuat Solo lebih tertata, tertata dan lebih baik lagi,” ujarnya.

Pada akhirnya, Emil mengatakan akan membahas apa yang sudah dibicarakan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dia yakin pemain nomor satu Jatim itu akan menyambut baik sinergi antara Jatim dan Surakarta. (Bukan)

#Emil Elestianto Dardak #Wakil Gubernur Jawa Timur #Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button