UT dan Unesa meraih Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - WisataHits
Jawa Tengah

UT dan Unesa meraih Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Memuat…

Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi tuan rumah Malam Anugerah Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi Tahun 2022. Foto/Dirjen Diksi.

JAKARTA – Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Malam Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi Tahun 2022. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Terbuka (UT) juga mendapatkan pengakuan dari sejumlah lembaga yang telah menerima penghargaan.

Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi Tahun 2022 merupakan bentuk pengakuan berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan andil dalam mensukseskan program kursus dan pelatihan seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK), pemerintah daerah (pemerintah daerah), dunia kerja, organisasi rekanan dan perguruan tinggi.

Penghargaan khusus kategori pendidikan tinggi diberikan kepada Unesa dan UT yang merintis program RPL khusus bagi lulusan kursus dan pemagangan dengan sejumlah LKP. Unesa saat ini sedang menginisiasi RPL khusus untuk lulusan kursus dan pelatihan dengan 45 LKP di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, selain melaksanakan proyek percontohan RPL bagi lulusan kursus dan pelatihan, Universitas Terbuka juga dipandang sebagai penguatan LKP sebagai basis pembelajaran.

Baca Juga: Ini Kisah Seru Mahasiswa PNJ yang Pergi ke Inggris dan Belajar di Perusahaan Manufaktur Kelas Dunia

Direktur Kursus dan Diklat Wartanto mengatakan, Direktorat Kursus dan Diklat menyelenggarakan berbagai program sepanjang tahun 2022, antara lain Pendidikan Keterampilan Kerja (PKK), Pendidikan Keterampilan Wirausaha (PKW), Uji Kompetensi bagi Mahasiswa dan yang terbaru, Pengakuan Pembelajaran Masa Lalu (RPL). khusus untuk program pascasarjana dan pelatihan.

“Kami terus mendukung kerjasama dengan berbagai pihak dalam memajukan lembaga kursus dan pelatihan yang mandiri dan inovatif,” kata Wartanto dalam siaran pers, Kamis (22/12/2022).

Menurut Wartanto, penghargaan kali ini spesial karena tidak hanya mengakui pemenang kompetisi video praktik terbaik dan bahan ajar. Namun, Ditjen Diklat juga memberikan penghargaan khusus kepada perguruan tinggi, pemerintah daerah, dunia kerja dan organisasi pemberdayaan masyarakat, yang dipandang sebagai kontribusi luar biasa untuk kursus dan pelatihan.
Penghargaan khusus lainnya diberikan kepada Pemerintah Kota Prabumulih (Pemkot) yang diterima langsung dari Walikota Prabumulih, Ridho Yahya. Penghargaan ini diberikan bukan tanpa alasan. Selama bertahun-tahun, Kota Prabumulih telah memberikan pelatihan rutin dan berkelanjutan untuk LKP dan secara khusus mendorong LKP untuk bekerja sama dengan industri.

Kota Prabumulih juga menjembatani distribusi kursus dan pelatihan pascasarjana ke perusahaan di kota Prabumulih. Bahkan, Pemkab Prabumulih sendiri telah menempatkan 1.400 lulusan kursus untuk bekerja di perusahaan tekstil Sritex Solo.

Selain Kota Prabumulih, Kota Surakarta, Jawa Tengah juga mendapatkan penghargaan khusus kategori Pemda. Dapat dipahami bahwa Pemerintah Kota Surakarta menunjukkan komitmen yang tinggi dengan memberikan pembinaan LKP secara rutin dan berkesinambungan serta menjembatani distribusi pekerjaan lulusan LKP ke industri di Solo Raya. Komitmen Pemerintah Kota Surakarta juga tercermin dari alokasi APBD untuk mendukung pendidikan nonformal, termasuk kursus dan pelatihan.

Baca Juga: BRIN Buka Lowongan Kerja Formasi 510 PPPK 2022, Cek Info Lengkap

Penghargaan khusus lainnya juga diberikan kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) atas komitmennya selama tiga tahun berturut-turut mendukung pelaksanaan program mobil penumpang. Pada tahun 2020, Dekranas akan memberikan pelatihan kewirausahaan untuk mendukung pengembangan berbagai keterampilan di 5 (lima) destinasi wisata yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang.

Pada tahun 2021, kerjasama akan dilanjutkan dengan fokus pengembangan tekstil tenun di 18 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan pada tahun 2022, Dekranas mendukung PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 di 6 (enam) provinsi yaitu Jambi, Sumut, Sumsel, Bali, NTB, NTT.

Dari kerja sama tersebut, perlu dicatat bahwa Dekranas telah mendorong 3.000 peserta wirausaha anak usia sekolah putus sekolah di bidang tenun cermat dan mendukung destinasi wisata prioritas. “Kami berharap penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan tetapi juga menjadi inspirasi bagi pihak lain yang dapat berperan dalam pengembangan kursus dan pelatihan di Indonesia,” kata Wartanto.

Selain pemberian hadiah khusus, Direktorat Kursus dan Pelatihan juga memberikan penghargaan kepada LKP yang telah membuat video best practice dan video pembelajaran pelaksanaan program PKK dan mobil. Selain itu, dalam rangka peningkatan kinerja LSK dan LKP, Direktorat Kursus dan Diklat memberikan penghargaan kepada lembaga sertifikasi kompetensi dengan penilaian kinerja terbaik, LKP menyelenggarakan program PKK dalam penempatan lulusan terbaik, dan LKP menyelenggarakan program PKW untuk inisiatif bisnis terorganisir terbaik.

Sebagai pengakuan atas pembuatan video praktik terbaik dan bahan ajar, Direktorat Studi dan Pendidikan Lanjutan memberikan sertifikat, memorabilia, dan uang pembinaan. Adapun untuk proses seleksi lomba, seleksi sendiri dilakukan beberapa bulan lalu oleh kurator Pusdatin Kemendikbudristek, dimana total ada 2.800 video best practice untuk program PKK dan 1.800 video best practice untuk mobil.

Sementara itu, dalam kepemimpinannya yang sekaligus menutup acara, Dirjen Diklat Kiki Yuliati mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga program-program Direktorat Kursus dan Diklat dapat terlaksana dengan baik dan mencerdaskan anak bangsa. bisa merasakannya Layanan.

“Kami berharap seluruh pemangku kepentingan VET dapat terus percaya dan membangun kerja sama yang konkrit untuk membantu membangun bangsa dan negara karena kami tahu VET memiliki nilai ekonomi untuk membantu perekonomian negara,” ujar Kiki.

Menurut Kiki, program PKK dan PKW telah membantu ratusan ribu anak di seluruh tanah air meningkatkan kualitas hidupnya melalui pendidikan. Tercatat pada tahun 2022 terdapat 159.120 peserta program PKK dan 61.176 peserta program PKW.

“Kami sangat terbuka dengan masukan, masukan dan saran dari Anda semua sebagai end user lulusan VET. Harapannya kita dapat mengakselerasi pendidikan agar lebih tangkas, tanggap dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja, serta lulusan yang profesional dapat bangga dan senang ikut membangun bangsa,” pungkasnya.

Daftar Penerima Penghargaan Pendidikan Vokasi Non Formal Tahun 2022

1. Kategori organisasi
Dewan Kerajinan Nasional

kategori 2 pemerintah daerah
– Kota Surakarta, Jawa Tengah
– Kota Prabumulih, Sumatera Selatan

3. Kategori Perguruan Tinggi
– Universitas Negeri Surabaya
– Universitas Terbuka

kategori ke-4 dunia kerja
– PT Sri Rejeki Isman, Tbk (Sritex), Cab.Sukoharjo
-PT. Astra Daihatsu, Jakarta
– Grup Hotel Archipelago International (Aston Hotel Group), Jakarta

5. Kategori lembaga sertifikasi kompetensi dengan penilaian kinerja terbaik
Rias Pengantin LSK, Jakarta

6. Kategori Penyelenggara Program PKK Penempatan Lulusan Terbaik
LKP Kartika Bawen, Cab.Semarang

7. Mobil Penggagas Bisnis Terbaik kategori LKP Penyelenggara Program
LKP Kemiri, Cab.Malang

8. Kategori Penyusun Video Praktik Terbaik Penyelenggara Program PKK Terbaik
– Peringkat I : LKP Royal Seasons Hotel Education Center Kota Surakarta
– Peringkat II : LKP Desy Education, Cab Banyuwangi
– Peringkat III : LPK Kartika Sinar Persada Kota Salatiga

9. Kategori penyusun video praktik terbaik untuk penyelenggara program mobil terbaik
– Peringkat I: LKP Sekolah Tata Masak Budi Mulia, Kab.Sleman
– Peringkat II : LKP Agung Kota Denpasar
– Peringkat III: LKP Amalia, Kab.Sukoharjo

10. Kategori LKP penyelenggara program mobil terbaik untuk video materi pembelajaran
– Peringkat I : LKP Smart Center Kota Pasuruan
– Peringkat II : LKP Trias Beauty School Kota Bekasi
– Peringkat III : LKP Rahmania Balai Latihan Kerja Kota Lhokseumawe.

(nz)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button