Usulan ke UNESCO, 2000 Perempuan Berkumpul di Kebaya di Lembang - WisataHits
Yogyakarta

Usulan ke UNESCO, 2000 Perempuan Berkumpul di Kebaya di Lembang

TEMPO.CO, jakarta – Sekitar 2000 gadis nongkrong kebaya di Alun-Alun Lembang, Rabu sore, 3 Agustus 2022. Acara bertajuk ‘Kabaya Lembang Goes To Unesco’ ini merupakan bentuk dukungan agar busana kebaya menjadi warisan budaya takbenda.

“Semoga apa yang kita lakukan sekarang ini akan didengar dan dibicarakan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri,” kata Sonya Fatmala di sela-sela acara.

Istri Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Chova, juga melobi agar kebaya kelahiran Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya tak terwakili oleh UNESCO. Ide mengadakan festival kebaya muncul sekitar sebulan yang lalu. Namun karena adanya perubahan tanggal di Hengky, acara tersebut baru bisa diadakan sekarang.

Festival Kabaya Lembang masuk ke UNESCO di Lapangan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 3 Agustus 2022. Tempo/ANWAR SISWADI

Dari pengawasan tempo, Alun-Alun Lembang dipadati ribuan warga. Mayoritas adalah wanita di Kebaya, dari anak sekolah hingga orang tua. Beberapa di antaranya berasal dari beberapa kecamatan seperti Lembang, Parongpong, Ngamprah dan Padalarang. Sisanya adalah orang-orang yang menonton.

Dikemas dengan pertunjukan kesenian tradisional seperti tari jaipong dan rampak kendang, acara diakhiri dengan peragaan busana atau fashion show kebaya. Sonya Fatmala pun berbaur dengan warga dan berjalan di red carpet yang dijadikan sebagai catwalk.

Peserta Kabaya Lembang Goes to UNESCO event. SISWA TEMPO/ANWAR

Menurut Sonya, mengenakan kebaya tidak mengurangi kecantikan. “Dengan memakai kebaya, wanita akan terlihat anggun dan cantik,” ujar mantan aktris dan cover girl ini meminta para peserta acara kebaya dan penonton untuk mengunggah gebyar kebaya ke media sosial sebagai upaya mendukung budaya Indonesia.

Sementara itu, menurut Hengky, festival kebaya dirancang sebagai acara yang sederhana. “Saya tidak pakai APBD, tapi buzz-nya luar biasa,” ujarnya. Rencananya acara serupa akan kembali digelar dengan melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sehingga bisa menghasilkan pendapatan.

SISWA ANWAR

Baca Juga: Pamor Kebaya Naik Turun Dari Waktu Ke Waktu

Ikuti berita terbaru Tempo.co di Google News, klik di sini.

Source: gaya.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button