Usai Umrah Jemaah Mencukur Plontos | PWMU.CO - WisataHits
Jawa Timur

Usai Umrah Jemaah Mencukur Plontos | PWMU.CO

Setelah UmrohAjisman tahallul dengan kepala botak yang dicukur. (Tjatur/PWMU.CO)

PWMU.CO– Usai umrah, pertunjukan mencukur gundul bertanda Tahallul dilakukan jemaah Muhammadiyah PT Relasi Laksana Wisata di Mekkah, Arab Saudi, pada dini hari waktu setempat, Jumat (26/8/22).

Meskipun diperbolehkan untuk memotong hanya sebagian dari rambut, komunitas pria memilih untuk mencukur botak. “Setelah tujuh putaran tawaf dan sai, jemaah umrah melakukan tahalul, yang ditandai dengan pemotongan rambut di kepala,” kata dr. Tjatur Prijambodo MKes, Jamaah Umroh Dilaporkan Langsung dari Tanah Suci PWMU.COJumat (26/8/22).

Jemaah umroh PT Relasi Laksana Wisata memimpin 60 orang. Berangkat dari Bandara Juanda langsung Madinah. Empat hari di Madinah, pada hari terakhir Kamis (25.8.2022) mereka mengenakan pakaian ihram untuk miqat di Masjid Al Hulaifa Birr Ali untuk niat umrah sebelum berangkat ke Mekkah.

Dalam perjalanan, jemaah mengulangi kata talbiyah. Terasa mengasyikkan. Labbaik Allahumma Labbaik

Setibanya di Mekah, rombongan singgah sebentar di Hotel Anjum untuk menyimpan barang-barang mereka. Kemudian menuju Masjidil Haram untuk Tawaf dengan dipandu oleh Ustadz Muazzam dan Ustadz Hamka.

Rombongan umroh terdiri dari UM Surabaya, PDM Surabaya, SMAN Sidoarjo, PDM Nganjuk dan keluarga dr. Tyatur Priyambodo.

Ajisman, salah seorang mukmin berkata: “Alhamdulillah, memotong bintik-bintik botak menjadi lebih mudah dan nyaman. Seperti tidak ada beban. Semua ringan.”

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Jurusan Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya ini dengan senang hati bergabung dengan para pria PDM asal Kota Surabaya yang juga tergabung dalam grup ini.

“Untuk tahallul yang lebih sempurna, komunitas laki-laki dari kelompok kami memilih untuk potong rambut alias botak,” ujarnya.

Berdoa untuk Nabi

Dokter Tjatur menambahkan bahwa mencukur kepala botak lebih penting daripada mencukur sebagian. Karena Nabi Muhammad memohon ampun kepada Allah bagi yang mencukur tiga kali dan memotong hanya sekali. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim.

Dari Ibnu Umar ra Rasulullah bersabda: ‘Ya Allah, ampunilah orang yang botak total.’ Para sahabat berkata: ‘Ya Rasulullah, bagaimana dengan yang terpotong?’ Dia masih berkata: ‘Ya Allah, ampunilah orang yang benar-benar botak.” Para sahabat bertanya lagi: “Ya Rasulullah, bagaimana dengan yang terpotong?” Dia tetap menjawab: “Ya Allah, ampunilah mereka yang botak total.” Para sahabat bertanya lagi: “Ya Rasulullah, bagaimana caranya? tentang luka?” Kemudian dia menjawab: “Dan juga bagi mereka yang memotong.”

Mencari salon rambut di sekitar Masjidil Haram tidaklah sulit. Hampir setiap department store memiliki barber shop. Semuanya penuh dengan jamaah pada saat ini tahun. Harganya 10 riyal. Rp39.780.

Jika Anda meminta kepala botak halus, tukang cukur akan menggunakan pisau lipat. Mereka hanya bertahan dua menit, langsung menempel. kepala mengkilap. Untuk kebotakan 1 cm, gunakan gunting yang disesuaikan dengan ukuran.

Setelah tahalul, jemaah diperbolehkan melepas pakaian ihramnya. Usai umroh, jamaah bisa bermalam di Masjidil Haram, kembali ke hotel atau menikmati suasana kota Mekkah.

editor Sugen Purwanto

Jemaah haji PT Relasi Umrah mengambil miqat mereka di Birr Ali. (Tjatur/PWMU.CO)

Source: pwmu.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button