Usaha bebas sampah di Bandung dan Bali - WisataHits
Yogyakarta

Usaha bebas sampah di Bandung dan Bali

Usaha bebas sampah di Bandung dan Bali

TEMPO.CO, jakarta – Satu dekade lalu, Kota Bandung menyusun konsep tersebut kota tanpa limbah (ZWC) alias Area Bebas Sampah. Bekerjasama dengan Yaksa Conservation of Sustainable Earth (YPBB) dan Bandung Champion Free of Waste, konsep tersebut dilaksanakan di Kecamatan Sukaluyu dan Babakan Sari kemudian di Sukamiskin, Cihaurgeulis dan kemudian di Kecamatan Neglasari.

Di Neglasari, perangkat desa dan RW sedang merumuskan sistem pengelolaan sampah mandiri. Pada awalnya, hanya satu RW yang konsisten menerapkan pemilahan sampah. Secara bertahap, kegiatan ini diperluas menjadi delapan RW dan 39 rukun tetangga. Pemilahan di rumah ini mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke tempat pemrosesan akhir (TPA) hingga 67 persen.

Sampah yang telah dipisahkan diangkut oleh petugas untuk diproses lebih lanjut. Sampah organik diolah menjadi kompos, sampah yang tidak dapat didaur ulang diangkut ke TPA. Sampah yang bernilai ekonomis, seperti plastik dan kardus, dijual kembali oleh pemulung sebagai tambahan penghasilan.

Juga di Sanur, Bali, inisiatif untuk menjadi kota tanpa sampah sedang berlangsung. Penggunaan kantong plastik sekali pakai diminimalkan. Program Pasar Bebas Plastik di Pasar Sindu dimulai pada 10 Januari. Sejak itu, rata-rata penggunaan kantong plastik turun hingga 40 persen. Pasar Seni Guwang Sukawati di Gianyar yang dikelola desa adat mulai melarang penggunaan kantong plastik sejak 27 November 2022.

Langkah pemerintah kota untuk menghentikan sampah domestik cukup menggembirakan karena sampah kini menjadi masalah serius di mana-mana. Karena desa perlahan berubah menjadi kota karena pertumbuhan ekonomi, arus urbanisasi, dan pertumbuhan penduduk, langkah terkecil pemerintah penting untuk memitigasi krisis iklim.

Sampah, seperti yang kita ketahui, menyumbang gas metana, gas rumah kaca yang kekuatannya dibandingkan dengan karbon dioksida menyebabkan krisis iklim 30 kali lipat. Gerakan mencegah sampah keluar rumah akan membantu mengurangi kerusakan bumi. Namun kecil.

Doddy Hidayat

pemimpin Redaksi

LINGKUNGAN

Upaya untuk menjadi Kota Tanpa Sampah

Kota Bandung dan Pulau Bali berambisi untuk mewujudkan Zero Waste City. Dimulai dengan memisahkan sampah dari sumbernya.

WAWANCARA

Kepala BMKG

Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, berbicara soal cuaca ekstrem yang melanda Indonesia. Seperti apa cuaca di Indonesia pada tahun 2023?

OLAHRAGA

Taktik Pasukan Garuda

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimalkan taktik formasi pemain di Piala AFF 2022. Latihan pamungkas diperkuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button