UPN veteran Yogyakarta kembangkan sistem informasi desa di Tegaltirto - WisataHits
Yogyakarta

UPN veteran Yogyakarta kembangkan sistem informasi desa di Tegaltirto

Harianjogja.com, SLEMAN – Dosen UPN Veteran Yogyakarta mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Tegaltirto, Berbah, Sleman. Program non profit ini merupakan kontribusi dari UPN veteran Yogyakarta, dalam hal ini meningkatkan pelayanan prima.

Kalurahan Tegaltirto saat ini memiliki Sistem Informasi Desa (SID) online yang terhubung secara terpusat dengan pemerintah Kabupaten Sleman. Namun, masih ada batasan untuk pengembangan.

Dengan perkembangan para dosen ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pemerintahan di Desa Tegaltirto, khususnya terkait dengan informasi-informasi penting yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Selain itu juga terkait dengan proses pengelolaan kependudukan. Sehingga masyarakat dapat mengakses surat-menyurat yang diperlukan dari desa dengan lebih mudah dan cepat.

“Beberapa tahapan kegiatan mulai dari merancang dan membangun aplikasi sistem untuk layanan pengelolaan surat online meliputi perancangan, proses, database, struktur menu dan antarmuka pengguna,” tulis Tim Pengabdian Masyarakat veteran UPN Yogyakarta belum lama ini.

BACA JUGA: UPN Veteran Yogyakarta Bantu Digital Marketing Desa Wisata Kadisobo

Ada juga pembuatan Standard Operating Procedures (SOP) untuk mengelola aplikasi sistem layanan pengelolaan surat online. SOP ini nantinya menjadi pedoman bagi pengguna. Setelah itu dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam mengelola aplikasi sistem layanan pengelolaan surat online. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Dinas Sumber Daya Manusia Desa Tegaltirto khususnya sebagai pengguna internal aplikasi sistem layanan pengelolaan surat online (administrator dan operator).

Pada tahap akhir, akan diberikan panduan teknis tentang cara mengakses aplikasi sistem layanan manajemen pos online. “Semua kegiatan ini dirancang untuk membantu mewujudkan pelayanan prima desa Tegaltirto dan bermanfaat bagi warganya dan semua yang membutuhkan,” tulisnya.

Fakultas yang melayani masyarakat Kalurahan Tegaltirto ini berasal dari Jurusan Administrasi Niaga FISIP: Meilan Sugiarto dan Ida Susi Dewanti. Ada juga instruktur dari Teknik Informatika FTI: Herry Sofyan dan Sylvert Prian Tahalea.

Kegiatan ini didukung oleh LPPM UPN veteran Yogyakarta yang fokus menjembatani segala kebutuhan.

BACA JUGA: AIESEC di UPN Veteran Yogyakarta Diklat Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button