Upaya Cegah Banjir, Pemkab Pati Tanam 5.000 Pohon di Pegunungan Kendeng - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Upaya Cegah Banjir, Pemkab Pati Tanam 5.000 Pohon di Pegunungan Kendeng – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Danau Mangunan, Pegunungan Kendeng, Pekalongan (Sumber: Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, www.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng) melakukan penghijauan di kawasan Pegunungan Kendeng dengan menanam 5.000 bibit pohon. Hal itu dilakukan untuk mencegah banjir bandang yang kerap melanda Pati.

“Ribuan bibit pohon reboisasi telah ditanam di kawasan KPH [KPH] Tambakromo Pati”, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kamis (15/12/2022).

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Acara tersebut dihadiri Dandim 0718/Pati, Kapolres Tambakromo, BPBD, OPD terkait, Tambakromo, Gabus, Kayen dan Camat Winong, TNI, Polri, Pemerintah Desa Karangawen, Ketua Masyarakat, Ormas dan Kwaran Pramuka Tambakromo.

Dari ribuan bibit tanaman itu, kata dia, ada tanaman keras dan pohon buah-buahan serta rumput vertifer. Sedangkan penanaman bibit pohon buah-buahan bertujuan untuk menciptakan nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga tidak ada upaya penebangan pohon.

Upaya penghijauan terus digalakkan, terutama di daerah-daerah yang seharusnya menjadi daerah resapan air hujan. Sedangkan merawat tanaman sudah menjadi komitmen bersama agar bibit bisa tumbuh besar dan membawa manfaat.

Baca juga: Perhatian! Banjir bandang di Pati akibat Pegunungan Kendeng yang semakin tandus

“Namun, karena berubahnya fungsi hutan tempat tanaman semusim tumbuh. Akhirnya akan terjadi banjir bandang di daerah di bawahnya,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat memberikan contoh kepada masyarakat bahwa penghijauan di kawasan yang gundul itu penting untuk mencegah banjir.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penghijauan ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button