Untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha di desa wisata, tiket.com luncurkan Tourism Champion - WisataHits
Jawa Barat

Untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha di desa wisata, tiket.com luncurkan Tourism Champion

RADARBANDUNG.id – Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 11.000 pada April 2022, atau meningkat 5 (lima) kali lipat (year-on-year). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang angkatan udara domestik meningkat 40,41% (MoM) pada Mei 2022, atau sebanyak 19,8 juta orang. Tentunya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan oleh wisatawan harus diimbangi dengan kemampuan adaptasi dan inovasi yang baik dari para penggiat bisnis di industri pariwisata untuk tetap bertahan di tengah persaingan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan pengalaman wisata terbaik kepada seluruh pengunjung.

tiket.com, OTA (Online Travel Agent) pertama di Indonesia dengan fokus customer-centric, tidak hanya menghadirkan fitur-fitur terbaik untuk memenuhi kebutuhan pariwisata dan perjalanan masyarakat, namun kini juga menghadirkan program baru bertajuk Tourism Champion sebagai salah satu rangkaian kegiatan dan program dalam rangka HUT kesebelas, tiket.com. Jagoan Wisata merupakan program yang bertujuan untuk memberdayakan stakeholders industri pariwisata dan penggiat dari 4 (empat) desa wisata Jaringan Desa Wisata (JADESTA) agar stakeholders industri pariwisata dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Pada acara perdananya, Jagoan Wisata akan mengimplementasikan program hybrid integrated mentoring untuk empat desa wisata di Indonesia, yakni Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, serta Desa Kaki Langit Mangunan dan Desa Dewi Sambi di Yogyakarta. Para pelaku industri pariwisata di empat desa wisata ini akan bersaing dan menyusun strategi bisnis terbaik untuk memperebutkan hadiah yang terdiri dari empat kategori untuk dipertandingkan dalam Ajang Tourism Champion.

Untuk kompetisi, tiket.com menawarkan pelatihan dan dukungan bisnis yang dijalankan langsung oleh staf tiket.com yang bermitra dengan tim Inspigo untuk membantu penyelenggaraan program ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku ekonomi lokal agar dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan.

Dalam sesi pembukaannya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengajak para pemangku kepentingan industri pariwisata untuk memanfaatkan kesempatan langka ini untuk mengembangkan bisnisnya di bidang pariwisata: “Sebagai pionir biro perjalanan online di Indonesia, karya anak Bangsa, tiket.com membawa warna baru dan memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia up to date dengan dunia digital untuk diakses oleh seluruh masyarakat. Menyambut usia 11 tahun, tiket.com membuat gebrakan melalui program Tourism Champion, sebuah inisiatif berupa workshop edukatif dan interaktif bagi para pemangku kepentingan pariwisata di desa wisata, dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Program ini akan membantu menemukan solusi nyata atas permasalahan yang dihadapi oleh para penggiat pariwisata dan pemangku kepentingan serta memberikan tips akurat tentang bagaimana menjalankan bisnis pariwisata dengan lebih cerdas.

Bersama Yoris Sebastian dari Inspigo sebagai mentor leader yang akan memandu mentor dari t-fams (staff tiket.com) dalam memberikan business advice dan training yang terintegrasi. Saya, Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada tiket.com dan para pengusaha pariwisata yang terpilih untuk mengikuti program Tourism Champion. Manfaatkan kesempatan langka ini untuk meningkatkan kapasitas bisnis pariwisata Anda. Tetap semangat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.”

Sebagai mitra Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia, tiket.com terus berupaya menghadirkan rangkaian program berupa workshop edukatif dan interaktif bagi perusahaan pariwisata nasional. Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com menambahkan: “Jagoan Wisata merupakan salah satu upaya tiket.com untuk mendukung inisiatif pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, untuk memberdayakan masyarakat yang adaptif dan kompetitif, untuk menghasilkan pelaku ekonomi lokal yang unggul di sektor pariwisata. Program ini juga merupakan upaya Tiket.com untuk mempromosikan keberadaan desa wisata di Indonesia agar lebih dikenal masyarakat dan menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.”

Gelar Magister Pariwisata

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-11 tiket.com, inisiatif program Jagoan Wisata tiket.com digagas untuk mencari pelaku usaha di bidang pariwisata yang memiliki visi, misi, dan kapabilitas bisnis yang kredibel. Para pengusaha di keempat desa wisata ini akan saling bersaing dan menyusun strategi bisnis terbaik untuk memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori utama yaitu; Tempat Wisata Terbaik, Homestay Terbaik, Souvenir & Kuliner Terbaik dan Digital & Kreatif Terbaik.

Setelah melalui sesi mentoring dan workshop, para peserta akan membuat proposal strategi bisnis pada tahap terakhir dan mempresentasikannya kepada juri, termasuk Yoris Sebastian, pada acara penganugerahan pada Oktober 2022.

Yoris Sebastian, co-founder Inspigo, menegaskan antusiasmenya terhadap program Tourism Champion: “Suatu kehormatan dapat bekerja sama dengan tiket.com dalam program Tourism Champion untuk menunjukkan keterampilan para pemangku kepentingan dan aktivis di industri pariwisata di Indonesia. empat yang terpilih adalah pengembangan desa wisata sebagai bagian dari program Pembangunan Berkelanjutan bersama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Visi Inspigo untuk mendorong dan menginspirasi para pemangku kepentingan bisnis di sektor pariwisata untuk #SoBeReady benar-benar sejalan dengan inisiatif yang cermat ini. Saya tidak sabar untuk berbagi pengalaman, mengembangkan mentor dan mendengar langsung tentang berbagai solusi strategis untuk menjawab tantangan penghargaan yang akan datang.”

Para mentor yang melatih program Tourism Champion adalah karyawan tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat yang unggul di bidang dan industrinya masing-masing dan sedang berkarir di tiket.com.

Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com mengatakan bahwa program pendampingan Jagoan Wisata merupakan upaya tiket.com untuk membentuk dan memposisikan Jagoan Wisata sebagai peluang bagi karyawan tiket.com untuk terlibat aktif dalam Mengembangkan keterampilan para pelaku bisnis di Indonesia. .Desa Wisata. “Program ini kami rancang untuk memberikan manfaat juga bagi staf tiket.com (t-fam), yaitu pengetahuan yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha dan aktivis lokal di desa wisata. Tiket.com berharap para mentor dan peserta program tiket.com di 4 (empat) desa wisata #BulatkanTiketmu dapat bekerja sama mencari solusi strategis yang cerdas dan cermat untuk pengembangan desa wisatanya.”

Jagoan Wisata bukan hanya bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-11 tiket.com, tapi juga salah satu program partisipasi karyawan dalam kegiatan team untuk karyawan terpadu (SDM), dengan manfaat menambah pengetahuan melalui pendampingan tidak hanya terkait pariwisata industri untuk berbagi dalam bisnis, tetapi juga pemahaman mendalam dan pengenalan ekosistem kerja di perusahaan berbasis teknologi. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada t-fam (staf Ticket.com) untuk belajar tentang masyarakat lokal dan budaya desa wisata secara langsung. (azm)

Source: www.radarbandung.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button