Unpak Inisiasi Desa Wisata Jamu dan Alam Milenial di Desa Ciburuy, Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Unpak Inisiasi Desa Wisata Jamu dan Alam Milenial di Desa Ciburuy, Bogor

Memuat…

Universitas Pakuan (Unpak) menginisiasi desa wisata herbal dan alam milenial di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Foto: st.

Bogor Universitas Pakuan (Unpak) menggagas Desa Wisata Alam dan Jamu Milenial di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Penduduk desa diajari cara bercocok tanam, membuat jamu, dan terlibat dalam pemasaran media sosial.

Dosen Unpak Bogor Prihastuti Harsani mengatakan, inisiasi Desa Wisata Jamu dan Alam Milenial merupakan bagian dari Program Insentif KKN Terpadu dengan Kampus Merdeka (MBKM) Berbasis Kinerja IKU Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pembelajaran kolaboratif dan partisipatif mahasiswa melalui program sosial yang akan direalisasikan pada Kegiatan Desa Bangkit (KKB),” kata Prihastuti, yang menjabat sebagai ketua Program Insentif Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam Penjelasannya. Sabtu (24/12/2022) .

Dalam program ini, warga desa Ciburuy dilatih untuk bercocok tanam tanaman obat, memproduksi simplisia jamu, melakukan pengelolaan sampah, melakukan pelatihan pemasaran media sosial dan membangun toko jamu.

Baca Juga: Dosen Unpak Bogor Merancang Pembelajaran Nahwu Berbasis Web di Pesantren

“Masyarakat juga dilatih untuk membuat konten media sosial menggunakan smartphone yang semakin canggih. Sehingga warga kampung Ciburuy bisa lebih produktif dalam menggunakan media sosial dan memiliki nilai pemasaran yang lebih luas,” ujar Prihastuti.

Dalam program ini, Prihastuti yang merupakan dosen ilmu komputer juga didukung sejumlah dosen lainnya. Antara lain dosen teknik komputer Deden Ardiansyah dan dosen ilmu komunikasi Roni Jayawinangun.

Ketua Saung Karang Taruna Moriez Gemilang, Adi Burhanudin, menyampaikan terima kasih kepada Unpak dan Ditjen Dikti yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada tim Universitas Pakuan yang telah percaya memberikan program ini kepada daerah kami karena membawa banyak ilmu dan manfaat, khususnya bagi saya pribadi,” ujarnya.

(thm)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button