Universitas Prasetiya Mulya mendorong kreativitas mahasiswa melalui MICE - WisataHits
Yogyakarta

Universitas Prasetiya Mulya mendorong kreativitas mahasiswa melalui MICE

Universitas Prasetiya Mulya mendorong kreativitas mahasiswa melalui MICE

tanpa judul

Krjogja.com – JAKARTA – Universitas Prasetiya Mulya melatih kreativitas para mahasiswanya agar bisa menonjolkan diri di dunia kerja setelah lulus kuliah melalui Prasmul Tourism MICE Awards.

MICE Awards Prasmul Tourism adalah bentuk Ujian Akhir Semester (UAS) bagi mahasiswa S1 Event dan S1 Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya Semester 5 yang sedang mengikuti Mata Kuliah Manajemen MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions).

“Pada acara ini, kami menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk mensimulasikan menjadi konsultan pengembangan destinasi MICE dengan membuat rencana pemasaran destinasi MICE berdasarkan data dan analisis yang luas,” jelas dosen mata kuliah manajemen MICE Universitas Prasetiya Mulya, Peni Zulandari Suroto. dalam keterangannya, Kamis (1/12/2023).

Ia melanjutkan, hasil analisis mahasiswa dituangkan dalam dua bentuk, yakni presentasi kepada dewan juri stakeholder (pemda, asosiasi afiliasi, professional conference organizer (PCO) atau professional exhibition organizer (PEO) dan juga pembuatan stand untuk pameran. dari ide-ide mereka.

“Dengan adanya visualisasi berupa stand pameran dagang ini, kami berharap para peserta dapat semakin meyakinkan pemangku kepentingan bahwa rencana pemasaran yang dibuat cocok untuk destinasi MICE,” jelas Peni.

Pada Prasmul Tourism MICE Awards 2023, juri untuk presentasi pitching yaitu Hosea Andreas selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) dan The Indonesian Exhibition Companies Association (IECA), Dr. Antonius Widyatma Sumarlin BA MA sebagai Anggota Badan Penasihat Investasi Provinsi Jawa Barat (Penasihat Investasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, APBD dan Non-APBD) dan Amelia Setiawan sebagai Co-Founder dan COO Genesia Convex (Professional Conference Organizer).

MICE Awards Prasmul Tourism kali ini diikuti oleh 92 mahasiswa S1 Events dan S1 Hospitality Business. Mereka dibagi menjadi 8 kelompok.

Siswa kemudian memilih destinasi MICE dan menandainya sebagai Semarang – The Heart of Business dan Sadean Market Conference, Surabaya – Sparkling MICE City, Medan – Dazzling Toba, Bandung-Bandung Incentives and BMCC, dan Yogyakarta – Just Jogja and Exposing Jogja.

“Kota-kota tersebut berdasarkan pemetaan destinasi MICE oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif,” kata Peni.

Dalam kompetisi ini, para peserta tidak hanya memperebutkan juara 1, 2, dan 3, tetapi juga menjadi yang terbaik di beberapa kategori, yaitu tim juri terbaik, stand favorit pengunjung, pengaturan topik terbaik, presentasi terbaik dan presenter terbaik (masing-masing). Penghargaan individu – 1 orang masing-masing S1 Acara dan S1 Bisnis Perhotelan).

“Nantinya para pemenang kompetisi ini juga akan dikirim ke Taiwan untuk kompetisi yang sama. Pelaksanaan UAS melibatkan empat sks,” jelasnya.

Peni berharap dengan adanya Prasmul Tourism MICE Awards, para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan analitis, kreatif dan inovatif, mempelajari perspektif ekosistem industri MICE secara menyeluruh dan berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Secara khusus, lanjut Peni, pemerintah daerah dapat melihat karya siswanya sebagai kontribusi bagi pengembangan potensi wisata di daerahnya.

“Tentunya kami sangat bangga ketika karya mahasiswa kami masuk dalam rencana pasar pariwisata pemerintah negara bagian dan dapat diterapkan sebagai salah satu kebijakan pariwisata di daerah, karena apa yang ditampilkan dalam karya ini merupakan unsur kebaruan dari potensi yang ada”, tutup Peni. (ati)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button