Unggah Foto Taman Pracima Mangkunegaran Solo, Gibran Sebut Segera Dibuka - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Unggah Foto Taman Pracima Mangkunegaran Solo, Gibran Sebut Segera Dibuka – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Taman Pracima atau Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo. Foto diambil pada Selasa (12/6/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunggah foto Taman Pracima atau Pracima Tuin di Kompleks Candi Mangkunegaran Solo melalui akun Twitternya @gibran_tweet pada Jumat (16/12/2022).

Dalam keterangan yang menyertai unggahan itu, Gibran menulis bahwa taman tersebut akan segera dibuka. “Ini mau dibuka. Bisakah Anda menebak di mana itu?” tulisnya dalam unggahan pertama disertai foto.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Kurang dari satu jam kemudian, Account Manager @gibran-tweet kembali mengunggah tiga foto Taman Pracima, dengan ucapan terima kasih atas kelancaran pembangunan Taman tersebut.

“Alhamdulillah, pembangunan Pracima Tuin berjalan lancar. Saya senang karena Kanjeng Gusti Bhre sangat visioner dan memuaskan. Sehingga eksekusi tidak menggunakan rbet. Terima kasih Kanjeng Gusti menambah gol baru lagi ke Solo,” tulisnya.

Seperti diketahui, Taman Pracima atau Pracima Tuin dibangun di Kompleks Candi Mangkunegaran Solo sebagai destinasi wisata dan pengembangan UMKM di Solo. Taman ini akan dibuka untuk umum dengan akses dari gerbang selatan.

Baca Juga: Eksotis Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo di Malam Hari, Dibuka Januari 2023

Pembangunan taman di lokasi bekas lapangan tenis Mangkunegaran ini terinspirasi dari ide dan konsep taman dari era Mangkunagoro VII sekitar tahun 1920-an. Arsitektur bangunannya merupakan perpaduan Jawa dan Eropa.

Saat KGPAA Mangkunagoro X ditemui wartawan di Pura Mangkunegaran Solo, Senin (28/11/2022), ia mengumumkan Taman Pracima akan dibuka pada pertengahan atau akhir Januari 2023. “Bocorannya, taman itu akan dibuka untuk umum awal tahun depan. Mungkin pertengahan hingga akhir Januari,” katanya.

Taman Pracima di Kompleks Pura Mangkunegaran Solo terdiri dari tiga bangunan yaitu Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik. Pracimaloka yang berada di sisi barat digunakan untuk mengolah hasil bumi seperti teh dan kopi. Pracimawisik di sisi timur untuk pengembangan seni dan budaya.

Baca Juga: Hore, Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo Bakal Dibuka Akhir Januari 2023

Sedangkan Pracimasana sebagai bangunan utama di tengah taman berfungsi sebagai tempat kuliner atau untuk menikmati makanan dan minuman.

Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke taman tersebut, Minggu (20/11/2022), berharap Taman Pracima di Mangkunegaran Solo bisa menjadi tempat wisata edukasi sejarah.

“Taman yang dibangun di belakang adalah bagian dari kewarganegaraan dan mendukung aset budaya bangsa sebagai sarana pembelajaran,” kata Erick saat itu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button