Undip Perkenalkan Menteri Trenggono di International Coastal Zones Conference 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Undip Perkenalkan Menteri Trenggono di International Coastal Zones Conference 2022

Semarang Jawa Tengah (19/09). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan menjadi tuan rumah Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) dan rangkaian pertemuan FP2TPKI-2022 dengan tema “Optimalisasi Pembelajaran Mandiri untuk Mandiri Kampus (MBKM) Menghadapi Tantangan dan Peluang Pengelolaan Kelautan dan Perikanan di Era Industri 5.0″ dari 20-21. September 2022. Sebagai bagian dari kegiatan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia, diselenggarakan pula seminar nasional “Masyarakat 5.0 dan Ketahanan Bencana untuk Pembangunan Pesisir Berkelanjutan”.

“Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia serta Seminar Nasional Undip akan menghadirkan Bapak Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan, sebagai keynote speaker,” kata Dr. Agus Suherman, S.Pi., M.Si., Kepala Kantor Sekretariat dan Protokol Undip yang juga Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip.

Ditambahkannya, Menteri Trenggono sebagai panglima akan memberikan materi tentang kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan nasional yang mengutamakan aspek ekologi.

“Hal ini sesuai dengan tema seminar dan konferensi yang membahas isu pengelolaan kawasan pesisir yang berkelanjutan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga diikuti dengan pembagian benih ikan di Waduk Jatibarang (150.000 benih ikan Nilem dan Tawes) yang didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perikanan Kota Semarang dan Balai Benih Ikan (BBI) Sukabumi, serta pembagian benih ikan di Waduk Jatibarang. 400 paket yang disukai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dilanjutkan dengan konferensi internasional pada tanggal 22 September 2022 tentang pembangunan lingkungan di kawasan tropis dan pesisir atau the 7th International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED) dengan topik “Society 5.0 and Disaster Resilience for Sustainable Coastal Development”. on line.

“Ketiga rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi pimpinan universitas, peneliti, dosen, praktisi dan mahasiswa untuk menemukan formula yang tepat bagi pembangunan dan pengelolaan pesisir yang berkelanjutan,” lanjutnya.

“Acara yang akan dibuka oleh Rektor Undip Prof.DR.Yos Johan Utama,SH,M.Hum. dan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo,SH,MIP diharapkan dapat menyampaikan sambutannya,” kata Agus.

Seminar nasional dan konferensi internasional ini merupakan program tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan ilmiah terkait pengembangan ekologi kawasan tropis dan pesisir yang digagas dan dilaksanakan oleh FPIK Undip. “Panitia mengundang pembicara dan peserta dari konferensi dan seminar untuk berpartisipasi,” tambah Agus.

“Kontribusi peserta seminar nasional terpilih akan dipublikasikan di jurnal terindeks SINTA, yaitu Jurnal Sains dan Teknologi Perikanan, BULOMA, Tropical Marine Journal, Tropical Aquaculture Science Journal, Marine Research Journal dan Aquacultura Indonesiana. Sedangkan seminar internasional diseleksi oleh panitia ilmiah dari dalam dan luar negeri. Yang terpilih akan dipublikasikan dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Indonesian Journal of Marine Sciences (IJMS) dan Food Research, semuanya terindeks Scopus,” jelas Agus Suherman.

Panitia juga merencanakan site visit ke Waduk Pendidikan Undip dan tour kota Semarang bagi peserta seminar dan konferensi.

Source: www.undip.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button