UMKM jadi solusi resesi, PLN memberikan dukungan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah naik peringkat - WisataHits
Jawa Tengah

UMKM jadi solusi resesi, PLN memberikan dukungan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah naik peringkat

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian nasional, menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61 persen atau setara dengan Rp. 8.573,89 triliun.

Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi yang besar terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 97 persen dari total angkatan kerja, sehingga UMKM juga menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Karena potensi yang besar ini, UMKM dapat menjadi solusi efektif untuk menghindari ancaman resesi global yang diperkirakan terjadi tahun depan.

Baca Juga: PLN UIP JBT dan Pemkab Kendal Resmikan Kawasan Wisata Daerah, Hutan Pendidikan Susuh Umbul

Namun sayangnya UMKM saat ini masih menghadapi berbagai kendala, seperti:

Bahkan dalam 10 tahun terakhir, UMKM masih didominasi oleh usaha mikro.

Menghadapi situasi tersebut, PT PLN (Persero) UIP Jawa Tengah mengambil peran memberikan dukungan dan pembinaan kepada stakeholders UMKM sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi masyarakat dan mewujudkan UMKM untuk memajukan kelas.

PT PLN (Persero) UIP Jawa Tengah berperan memberikan dukungan dan pembinaan kepada stakeholders UMKM sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi masyarakat dan mewujudkan UMKM untuk naik kelas.
PT PLN (Persero) UIP Jawa Tengah berperan memberikan dukungan dan pembinaan kepada stakeholders UMKM sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi masyarakat dan mewujudkan UMKM untuk naik kelas. (Spesial)

Program PLN Peduli membekali kelompok usaha di Kabupaten Semarang dengan dukungan penataran dan pendampingan UMKM dalam penataran.

Bantuan senilai 50 juta diberikan kepada tiga kelompok UMKM di Kabupaten Bergas, yaitu kelompok menjahit mandiri wanita Sekoci, kelompok pengolahan dan pemasaran ikan Mina Mekarsari Berdikari dan kelompok Jajanan Mbok.

Bantuan akan diberikan dalam bentuk pelatihan, antara lain pelatihan kutipan, pelatihan pemasaran dan pelatihan manajemen legalitas.

Baca juga: Wujudkan lingkungan hijau yang produktif, PLN UIP JBT beri dukungan 926 bibit pohon

Dirjen PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS mengatakan, dukungan yang diberikan juga merupakan bentuk komitmen PLN untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Sustainable Development Goals (TPB), khususnya Goal 8, yaitu pekerjaan yang layak, dukungan pertumbuhan ekonomi.

“PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara berkomitmen mendukung pencapaian SDGs untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, oleh karena itu PLN UIP JBT selalu mendukung pengembangan UMKM untuk naik kelas, sehingga masyarakat memiliki kemandirian ekonomi dan untuk itu agar mampu bersaing di era globalisasi saat ini,” kata Djarot.

Selain dukungan pelatihan, PLN UIP JBT juga memberikan bantuan alat dan mesin produksi seperti mesin jahit dan serger untuk kelompok sekoci, lemari es dan pengasap ikan untuk kelompok Mina Mekarsari Berdikari, serta pemotong tempe dan kuali besar untuk kelompok Mbok Jajan.

Dukungan alat dan mesin diberikan agar kelompok UMKM dapat meningkatkan produksi usahanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button