UMJ manfaatkan hibah Kemendikbudristek untuk promosikan pengembangan UMKM lokal - WisataHits
Jawa Barat

UMJ manfaatkan hibah Kemendikbudristek untuk promosikan pengembangan UMKM lokal

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Jakarta menerima dana Kemendikbudristek pada tahun 2022.

Dana tersebut digunakan untuk mendukung pengembangan usaha milik desa, kelompok tani dan pengusaha UMKM di Desa Kuripan, Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Direktur Program KKN UMJ Lusi Andriyani mengatakan, program yang sedang berjalan adalah dana hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat.

“Program ini tidak datang tiba-tiba. Hadirin sekalian (peserta workshop) hadir untuk memfasilitasi hibah yang diterima (dari Kemendikbud). Usulan kami diterima dan kami mendapatkan fasilitas pemberdayaan masyarakat,” kata Lusi dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Lokakarya penguatan manajemen BUMDES dan pelatihan branding dan packaging diadakan untuk UMKM.

Lusi menjelaskan bagaimana mengembangkan potensi desa Kuripan salah satunya dengan memanfaatkan potensi daerah berupa sungai untuk dijadikan desa wisata.

Berdasarkan penjelasan Lusi, program pengabdian masyarakat ini mencakup peran mahasiswa lintas akademik antara lain Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Agribisnis (Fakultas Pertanian), dan Arsitektur (Fakultas Teknik).

“Keterlibatan mahasiswa terkait dengan kebutuhan program, antara lain pendampingan UMKM dan pengembangan desa wisata,” kata Lusi.

Baca Juga: Kemenhub dan Pemkab Pulang Pisau Tandatangani Kesepakatan Hibah Daerah

Desa Kuripan merupakan desa binaan UMJ yang menjadi mitra resmi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Desa Holistik (PHP2D) sejak tahun 2020.

Kehadiran tim pengabdian masyarakat UMJ ini disambut baik oleh Kepala Desa Kuripan yang diwakili Ridho Ihtar, Sekretaris Desa Kuripan.

“Ini program lanjutan. Kami telah bekerja sama sejak 2018. Alhamdulillah terus setiap tahun dan selalu siaran mahasiswa KKN. Hal itu berlanjut hingga saat ini yang juga sedang didorong oleh fakultas UMJ untuk meningkatkan kapasitas seluruh bapak-bapak dan ibu-ibu,” kata Ridho.

Warga Desa Kuripan khususnya pengusaha UMKM dan pengurus BUMDES akan mendapat dukungan dan pemberdayaan dari tim pengabdian masyarakat UMJ hingga akhir September 2022.

Source: www.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button