UMBUL SIDOMUKTI: tiket dan berbagai kegiatan - WisataHits
wisatahits

UMBUL SIDOMUKTI: tiket dan berbagai kegiatan

UMBUL SIDOMUKTI: tiket dan berbagai kegiatan

Harga tiket masuk ke Umbul Sidomukti: Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Jam buka: 09:00-17:00 WIB. Telepon: (0298) 713 7009-10/+62 811 2935 646. Alamat: Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661.

Ombul Sidomukti wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Destinasi wisata di kawasan Bandungan ini memiliki udara yang segar dan bersih. Dengan kompleks kawasan wisata yang memiliki luas kurang lebih 32 hektar dan berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Pesona utama destinasi wisata ini terletak pada kolam mata air alami yang airnya dingin dan segar. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, antara lain berenang, dan keluar sambil menikmati pemandangan alam. Selain itu, kawasan wisata ini juga menawarkan penginapan, tempat perkemahandan fasilitas mengumpulkan di dalam area.

Harga tiket masuk Umbul Sidomukti

Wisatawan yang datang kesini tidak perlu khawatir dengan harga tiket. Pasalnya, harga tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah. Hanya beberapa ribu pengunjung saja yang bisa menikmati keindahan kawasan wisata di kaki Gunung Ungaran ini.

Biaya masuk
Jenis tiket Harga
Tiket Masuk Umbul Sidomukti Rp5.000
Tiket masuk renang Rp 10.000
Standard room Umbul Sidomukti weekdays dan weekend Rp 700.000 – Rp 900.000
Superior Room Umbul Sidomukti weekdays dan weekend Rp 800.000 – Rp 1.000.000
Deluxe Room Umbul Sidomukti weekdays dan weekend Rp 900.000 – Rp 1.250.000
Umbul Sidomukti Family Room Week & Weekend Rp1.500.000 – Rp2.000.000

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Candi Gedong Songo Semarang

Jam buka Umbul Sidomukti

Jam kerja
Jam buka tur 09.00 – 17.00

Aktivitas dan wahana di Umbul Sidomukti

Kolam alami Umbul sidomuktiKolam alami Umbul Sidomukti Semarang. Foto: Google Maps/Emily Suryantina

Lokasi wisata ini berada di kaki Gunung Ungaran. Sebagian besar wilayah menempati tepi lembah dan jurang yang curam. Namun kelebihannya pemandangan punggungan gunung sering dijadikan background foto. Pemandangan alam yang indah ini menjadikan Umbul favorit para wisatawan.

Selain pemandangannya, Umbul Sidomukti menawarkan kolam alami dengan berbagai wahana yang mendebarkan. Mewujudkan konsep wisata keluarga dengan motto REAL (Rekreasi, pendidikan, petualangan dan rekreasi). Kawasan wisata ini setidaknya lengkap dengan wahananya keluarTaman Renang Alam, kopi dan akomodasi.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Umbul Manten Klaten

Dengan tersedianya fasilitas tersebut, wisatawan datang dari hampir semua lapisan masyarakat. Pada hari biasa, rata-rata kunjungan mencapai 500 wisatawan. Sedangkan pada akhir pekan, jumlah itu melonjak hingga hampir 1.500 orang.

Menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian

Pemandangan panorama pegunungan di Umbul SidomuktiKeindahan panorama alam dari ketinggian 1200 mdpl. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Kawasan Umbul Sidomukti diapit oleh dua lembah dengan pemandangan hijau yang indah. Di sini, wisatawan akan merasakan suasana yang tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Melihat pemandangan dari ketinggian akan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

Di kawasan ini pula, wisatawan bisa menyaksikan hamparan kawasan Ambarawa dan panorama sembilan puncak gunung. Yakni puncak Gunung Ungaran, Merbabu, Andong, Telomoyo, Muria, dan juga Gunung Lawu. Dari sini wisatawan juga bisa melihat Rawa Pening dan bukit kembar Cemanggal.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Eling Bening Ambarawa

Selain itu, di pagi hari wisatawan bisa menikmati momen indah menunggu matahari terbit. Momen romantis ketika langit berubah menjadi merah dengan matahari terbenam tepat di depan kolam renang. Sedangkan pada malam hari, wisatawan bisa melihat kelap-kelip lampu kota dari atas.

Berenang di taman air alami

infinity pool mata air alamiKolam infinity berada di tepi lereng dan diapit oleh jurang di kedua sisinya. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Berbeda dari wisata gunung kebanyakan, taman rekreasi ini memiliki kolam renang. Penggemar olahraga berjuluk ini berenang di kolam alami ini seperti berenang di atas awan. Kolam ini terletak di pinggir lereng sehingga wisatawan bisa mengamati awan yang beterbangan dan hamparan lembah.

Kolam-kolam di sini menawarkan setidaknya 4 kolam bertingkat alami. Dengan kedalaman berbeda yang memungkinkan orang dewasa dan anak-anak berenang di kolam alami. Kolam terdalam ada di bagian atas dengan kedalaman sekitar 1,5 meter hingga yang paling dangkal di bagian bawah khusus untuk anak-anak.

Baca: Tiket Masuk dan Selfie Spot Ayanaz Gedongsongo

Hal lain yang sangat unik dari kolam ini adalah airnya. Air kolam berasal dari mata air pegunungan alami. Sehingga airnya terlihat jernih dan menyegarkan. Belum lagi posisi kolam renangnya yang langsung menghadap ke belakang Gunung Ungaran yang menyuguhkan pemandangan menghijau. Jadi, sambil menyegarkan diri di kolam renang, Anda bisa menikmati keindahan pegunungan.

Gubuk Kopi Umbul Sidomukti

nikmati kopi keindahan alam di Umbul Sidomukti Coffee Pondok SemarangNikmatnya minum kopi ditemani pemandangan alam di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang.
Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa kafe yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak ada makanan. Karena pengunjung bisa memesan berbagai menu makanan dan minuman. Dan sambil menyantap berbagai hidangan khas, terkadang Anda bisa mengarahkan pandangan ke arah pegunungan.

Salah satu kafe yang sering dipadati pengunjung di kawasan wisata ini adalah gubuk kopi. Di sini, selain menikmati nikmatnya minum kopi, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Meski menu kopi yang tersedia juga beragam, seperti kopi berbasis espresso, kopi hitam, manual brewsampai kafe tradisional.

Lokasi kafe ini cukup strategis. Letaknya tidak jauh dari area kolam renang, hanya sekitar 700 meter dan dekat dengan hostel. Dengan demikian, pengunjung yang lelah bermain di kolam renang bisa bersantai di kafe Pondok Kopi sambil menikmati segarnya udara Gunung Ungaran.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Wisata KOPENG

Selain Pondok Kopi Cafe, ada juga Pondok Lesehan yang merupakan kafe dengan banyak sajian menu spesial. Berbagai jenis hidangan tersedia untuk wisatawan di tempat ini. Dari menu seafood seperti ikan, udang dan cumi hingga menu tradisional seperti sup, dll. Sedangkan suasananya tak kalah epik dengan di Pondok Kopi Cafe.

rubah terbang

wahana flying fox di Umbul SidomuktiMeluncur melintasi dua lembah dalam wahana Flying Fox. Foto: umbul.sidomukti

Kemudian, bagi yang menyukai aktivitas menantang, Anda bisa bermain Flying Fox. Dengan panjang landasan minimal 110 meter di ketinggian 70 meter. Kendaraan ini menawarkan dua pilihan trek, jembatan laut di lembah atau melanggar menuruni lembah di sisi kolam.

Sedangkan jalurnya melintasi dari satu lereng bukit ke lereng lainnya. Wisatawan akan bersandar pada dua kabel tali pengaman dan helm di kepala mereka. Keamanan kendaraan keluar ini sangat terjamin karena ada instruktur yang standby untuk memasang alat pengaman.

Paralayang tandem

Selain itu, disini juga terdapat wahana yang sangat diminati wisatawan Umbul Sidomukti yaitu paralayang tandem. Dengan lama waktu tayang mulai dari 15 menit hingga setengah jam. Wisatawan akan terbang dari ketinggian 1.700 mdpl kemudian turun ke lapangan sepak bola Sidomukti. Kemudian kembali ke lokasi semula dengan menggunakan fasilitas kendaraan yang menjalankan objek wisata ini.

Soal keselamatan tak perlu dikhawatirkan karena tim ahli wahana ini merupakan anggota Federasi Olahraga Dirgantara Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang. Sementara semuanya telah dipersiapkan dengan matang. Kesempatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan karena selain merasakan diri terbang di ketinggian, Anda juga bisa menikmati keseluruhan panorama di sekitar Umbul Sidomukti.

MTB

Naik sepeda gunung Wahana sepeda gunung mengelilingi area sekitar taman wisata. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Alternatif lain untuk jalan-jalan outdoor adalah berkeliling lokasi desa wisata Sidomukti dengan jalanoff road senang. Wisatawan dapat melintasi berbagai perkebunan di sekitar dengan sepeda gunung. Kendaraan ini dapat ditempuh melalui jalur yang sulit di dalam kompleks taman wisata alam.

peternakan kecil

menunggang kuda di peternakan kecilTelusuri kebun sayur dan nikmati alam dengan menunggang kuda bersama keluarga di Little Ranch. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Sedangkan di Little Ranch, wisatawan yang membawa keluarga dan anak-anaknya bisa berkenalan dengan berbagai hewan. Mulai dari kelinci, rusa, kambing merino hingga kambing etawa.

Beberapa permainan juga tersedia seperti Panahan dan Air Senapan angin. Selain itu, ada juga kegiatan berkuda di sekitar kebun sayur yang ada di sekitar objek wisata.

Gua Tirta Mulya

Sedangkan bagi yang suka menjelajah, mengunjungi Gua Tirta Mulya adalah pilihan yang tepat. Terletak di sekitar kawasan wisata yang berjarak sekitar 1 km. Itu dapat dicapai dengan mobil atau berjalan kaki selama sekitar 20 menit.

Goa ini konon digunakan masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran. Bentuk goa yang unik setidaknya memiliki panjang 100 meter.

Fasilitas akomodasi di Umbul Sidomukti Resort

Kawasan wisata di kaki Gunung Ungaran ini lengkap dengan 2 pilihan akomodasi. Apalagi saat mendirikan tenda atau bermalam villa dan homestay nyaman dengan fasilitas yang memadai. Sambil bermalam, wisatawan bisa menikmati indahnya malam dengan gemerlap kota Semarang dari ketinggian.

Berkemah

tempat perkemahanBerkemah di Camping Ground memberikan perasaan tinggal di alam.
Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Untuk menikmati tawaran wisata tempat ini lebih lama, wisatawan dapat mencoba kegiatan berkemah. Di kompleks wisata alam ini tersedia tempat perkemahan untuk menikmati keindahan alam.

Vila Panorama Pondok

Villa Pondok Panorama Umbul Sidomukti dengan keindahan alam pegununganVilla Pondok Panorama merupakan resort dengan suasana alam Gunung Ungaran di ketinggian 1300 mdpl. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Pondok Panoramic Villa memiliki suasana yang indah dengan masing-masing vila memiliki dua kamar tidur. Villa ini memiliki panorama langsung dari lima gunung. Fasilitas yang tersedia meliputi ruang pertemuan, paviliun, dan fasilitas karaoke.

Pondok Wisata Villa

Chalet adalah salah satu villa yang bisa dihentikan saat bepergian ke sini. Asrama ini merupakan kompleks berkapasitas besar, cocok untuk penggunaan khusus untuk keluarga dan kelompok.

Family Room merupakan hostel yang langsung menyuguhkan pemandangan menakjubkan Gunung Ungaran dari sisi selatan. Udaranya segar, relatif dingin khas pegunungan. Wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari dari hostel ini.

Kontak dan lokasi Umbul Sidomukti

Wisata alam pegunungan di Semarang terletak di desa Sidomukti kecamatan Bandungan. Untuk mengetahui tentang Jl. Umbul Sidomukti Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah 50661 Telp. 0298 713700910.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button