Uji Tarik di Sulawesi Selatan - WisataHits
Jawa Timur

Uji Tarik di Sulawesi Selatan

Jakarta (ANTARA) – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba operasi terbatas jalur KA Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan mulai Sabtu (29/10).

“Warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini bisa mencoba KA pertama di Sulawesi secara gratis selama masa uji coba operasional terbatas,” kata Pj Dirjen Perkeretaapian Zulmafendi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dikatakannya, selama masa uji coba terbatas, KA Andalan Celebes bisa dinaiki masyarakat dari stasiun Garongkong menuju stasiun Mangilu.

Sementara itu, lalu lintas dari Stasiun Mangilu ke Stasiun Garongkong dilayani oleh KA Lontara.

Selain itu, Zulmafendi mengatakan kereta api kebanggaan Bumi Celebes merupakan salah satu jalur kereta api di Indonesia yang menggunakan ukuran standar 1435mm.

“Dengan lebar rel, kereta api di Sulawesi akan mampu melaju lebih cepat dan nyaman dibandingkan kereta api di Pulau Jawa,” ujarnya.

Selain itu, Zulmafendi juga menyebutkan bahwa jalur kereta api ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi.

Menurutnya, pemandangan indah di sepanjang rute akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Belum lagi ada banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi, ujarnya.

Ia mengungkapkan DJKA juga akan segera mengoperasikan Stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan objek wisata Geopark Rammang-Rammang, sehingga diharapkan keberadaan jalur kereta api ini dapat mendongkrak wisatawan di Sulawesi Selatan.

Pada uji coba operasional terbatas tahap awal, jalur KA sepanjang 66 km akan digunakan oleh KA yang dibuka untuk umum melalui 7 stasiun.

Ketujuh stasiun tersebut antara lain Stasiun Kereta Garongkong, Stasiun Kereta Api Barru, Stasiun Kereta Api Tanete Rilau, Stasiun Kereta Api Mandalle, Stasiun Kereta Api Ma’rang, Stasiun Kereta Api Labakkang dan Stasiun Kereta Api Mangilu.

Zulmafendi mengatakan, dalam masa uji coba operasi terbatas ini, masyarakat yang ingin mencoba mengendarai KA Andalan Celebes atau KA Lontara bisa langsung menuju stasiun tersebut.

Sebagai informasi: Uji coba operasional KA Andalan Celebes dan Lontara akan dilakukan sehari sekali, berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong dan pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu.

Untuk mengikuti kegiatan uji coba terbatas, calon penumpang diharapkan untuk melaporkan informasi pribadi mereka berupa nama, alamat, nomor telepon dan kesan/pesan kepada petugas stasiun selama perjalanan uji coba.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa mencoba mempelajari jenis transportasi kereta api ini sehingga menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi,” tutup Zulmafendi.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: DJKA melakukan uji tarik di Sulawesi Selatan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button