UGM International Trail Run 2022 akan dimeriahkan oleh 700 peserta - WisataHits
Yogyakarta

UGM International Trail Run 2022 akan dimeriahkan oleh 700 peserta

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – UGM International Trail Run (UGM ITR 2022) kembali digelar di DIY setelah vakum tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Untuk edisi ketiga ini, agenda akan dilaksanakan pada Minggu (16/10/2022) di Wanagama Science Edu Eco Park, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sebanyak 700 peserta akan mengikuti acara yang menyiapkan hadiah puluhan juta tersebut.

Baca Juga: BPOM Dukung Desa Wisata Jamu Kiringan di Canden Bantul

Selain itu, acara ini rencananya akan dihadiri oleh Ketua Kagama Ganjar Pranowo dan sejumlah petinggi di Gunungkidul yang akan jalan-jalan sambil menikmati alam.

Panitia penyelenggara bekerja sama dengan SAR, BPBD, P4KL UGM dan kepolisian setempat untuk memastikan peserta aman dan nyaman mengikuti kegiatan.

Ketua panitia penyelenggara UGM International Trail Run 2022, Nugroho Dewayanto mengatakan, acara ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian peringatan Dies ke-73 UGM.

“Untuk tahun ini kita mengangkat tema Lari, Edu, Peduli. Harapannya bisa mendorong kecintaan pada alam dan lingkungan,” ujar Nugroho yang juga ketua komunitas Kagama Lari Untuk Berbagi (KLUB).

Perlu diketahui bahwa tahun ini ITR UGM mempertandingkan berbagai kategori mulai dari 7K, 14K dan 21K serta kategori Master.
Kemudian terkait keselamatan para pelari yang akan menyeberangi Sungai Oya, panitia melakukan persiapan serius untuk memastikan para pelari melewati lintasan dengan selamat.

“Akhirnya keselamatan pelari menjadi prioritas kami dan kami jamin perubahan rute ini tidak akan mempengaruhi pengalaman pelari menikmati keindahan alam Wanagama, khususnya di sekitar DAS Sungai Oya,” ujarnya.

Selain itu, Race Director Roostian menambahkan, jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu pada 2019.

Baca Juga: Beredar Kabar Siswa SMA Dirampok dan Diretas di Sidomoyo Godean Sleman, Menurut Polisi

“Tahun 2019 ada 500 peserta, tapi tahun ini meningkat menjadi 700 peserta, dengan peserta terbanyak berasal dari kategori 14 km. Karena banyak pelari yang berlaga di 7K tahun 2019 ini mengalami kenaikan berat badan atau upgrade ke 14K tahun ini,” ujarnya.

Dari 700 peserta, 60 persen merupakan keluarga UGM, sedangkan 40 persen lainnya adalah masyarakat umum.

“Total harga tersebut merupakan bagian dari kejutan bagi para peserta, selain rute menarik yang dilalui oleh seluruh peserta. Sejauh ini, Ganjar Pranovo akan berpartisipasi tanpa batasan. Dia juga sudah reservasi penginapan di sekitar Wonosari,” kata Nugroho. (tf)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button