Ubaya Bangun Pusat Pendidikan Energi Terbarukan di Waduk Mojokerto Tanjungan - Kempalan.com - WisataHits
Jawa Timur

Ubaya Bangun Pusat Pendidikan Energi Terbarukan di Waduk Mojokerto Tanjungan – Kempalan.com

MOJOKERTOKEMASAN: Universitas Surabaya (Ubaya) menginisiasi Ekowisata Waduk Tunjungan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tanjungan dan BUMDes Tanjung Asri. Kehadiran kendaraan ini adalah bagian dari itu dana pendamping (MF) yang diterima dari Ubaya sebagai bagian dari program pembangunan desa. Awal Ekowisata Waduk Tunjungan dilaksanakan pada Selasa (20/12/2022) di Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Mojokerto.

tim dana pendamping terdiri dari delapan guru dan 14 siswa. Ketua tim MF, Elieser Tarigan, S.Si., M.Eng., Ph.D. mengatakan kehadiran kendaraan tersebut dilatarbelakangi oleh penggunaan energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan dunia terhadap sumber bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. “Energi terbarukan perlu didekatkan kepada masyarakat, termasuk kepada mahasiswa sebagai generasi penerus. Sosialisasi energi terbarukan menjadi lebih menarik ketika dilakukan melalui kegiatan rekreasi,” jelas dosen mata kuliah Teknik Elektro Fakultas Teknik Ubaya ini.

Wahana energi terbarukan yang dipamerkan meliputi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga angin (PLTB), dan wahana biogas, kata Elieser. “Dengan adanya wahana ini diharapkan masyarakat dapat menikmati wisata, sekaligus sebagai sarana edukasi tentang energi terbarukan,” harapnya. Ditambahkannya, wahana ini dapat digunakan sekolah sebagai sarana wisata edukasi dalam kegiatan pembelajaran di luar kelas. (Zha Zha Elena Santoso)

Penerbit : Freddy Mutiara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button