Tur Baru Dataran Tinggi Malino, Selandia Baru Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Tur Baru Dataran Tinggi Malino, Selandia Baru Indonesia

Panorama kebun teh di dataran tinggi Malino. (Foto: www.instagram.com/malinohighlands)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar – Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki pemandangan bawah laut yang memukau, provinsi ini juga disebut-sebut sebagai surganya wisata dataran tinggi. Pesona alam Dataran Tinggi Sulawesi yang paling fenomenal adalah Dataran Tinggi Malino.

Dataran Tinggi Malino terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai Dataran Tinggi Malino, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam dari Kota Makassar, dengan jarak tempuh sekitar 80 km.

Secara geografis, Dataran Tinggi Malino berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Secara total, Dataran Tinggi Malino mencakup area seluas 200 hektar. Malino sering disebut sebagai kawasan “puncak” Sulawesi Selatan karena topologinya mirip dengan kawasan Puncak Bogor.

Foto: www.instagram.com/malinohighlands/

Di sini wisatawan bisa menikmati panorama luasnya perkebunan teh di tengah sejuknya udara pegunungan. Menurut cerita masyarakat, areal kebun teh di Dataran Tinggi Malino dulunya seluas 900 hektar dan bisa memasok teh ke seluruh Sulawesi. Meski saat ini luasnya menyempit, teh Malino tetap menjadi komoditas teh unggulan di Indonesia.

Tiket masuk Malino Highlands dibagi menjadi: Dewasa membayar Rp 50.000,- Anak-anak membayar Rp 25.000,-.

Tempat wisata di dataran tinggi Malino

Malino tak hanya menyuguhkan keindahan unik perkebunan teh. Destinasi wisata Malino juga menawarkan beragam wisata lain yang tak kalah menarik. Berbagai jenis tempat wisata di Dataran Tinggi Malino antara lain:

1. Kawasan hutan pinus

Dataran Tinggi Malino dikelilingi oleh panorama hutan pinus yang eksotis. Keindahan deretan pohon pinus yang terletak tidak jauh dari perkebunan teh Dataran Tinggi Malino memberikan rasa magis yang menyejukkan bagi wisatawan yang datang untuk berekreasi.

2. Taman bunga Malino

Foto: www.instagram.com/malinohighlands/

Juga di Dataran Tinggi Malino, wisatawan dapat menikmati indahnya bunga berwarna-warni yang memanjakan mata. Situs ini bukan hanya sekedar taman bunga biasa, tetapi juga merupakan pusat penelitian tanaman bunga yang dijadikan barang ekspor.

3. Wisata Air Terjun

Tak jauh dari perkebunan teh, wisatawan bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus, yakni Air Terjun Takapala dan Air Terjun Ketemu Mate. Jaraknya 600 atau 800 meter menyusuri jalan setapak dari puncak Perkebunan Teh Malino.

4. Wisata Merangsang Adrenalin

Selain destinasi wisata di atas, pengelola Malino Highlands juga menyiapkan beragam wisata seru yang bertujuan untuk memacu adrenalin. Wisata yang ditawarkan adalah paralayang, berkuda, bungee jumping, trampolin, lari lintas alam, bersepeda, taman margasatwa, outbond, tracking trails, hingga teropong untuk melihat benda-benda langit. Di tempat ini juga terdapat kebun binatang mini yang dilengkapi dengan berbagai koleksi hewan.

Source: celebesmedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button