Tren pariwisata 2022: Banyak orang melakukan perjalanan spontan, tujuan wisata religi diminati - WisataHits
Jawa Barat

Tren pariwisata 2022: Banyak orang melakukan perjalanan spontan, tujuan wisata religi diminati

Tren pariwisata 2022: Banyak orang melakukan perjalanan spontan, tujuan wisata religi diminati

TEMPO.CO, jakarta – Di tahun 2022, banyak tren perjalanan baru bermunculan. Salah satunya, kini banyak orang yang bepergian secara spontan.

Berdasarkan laporan perjalanan tahunan OYO bertajuk “OYO Travelopedia Indonesia 2022”, tercatat lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan pada hari sebelum perjalanan atau pada hari perjalanan. Jumlah ini meningkat sekitar 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tren ini juga diharapkan dapat mendorong pemulihan sektor pariwisata. “Hasil OYO Travelopedia 2022 menunjukkan kebangkitan industri pariwisata di Indonesia,” kata Global CBO & CEO OYO Ankit Tandon untuk Asia Tenggara dan Timur Tengah dalam keterangannya, Kamis, 5 Januari 2023.

OYO juga mencatat peningkatan permintaan hingga 82.000 kamar pada malam tahun baru, 58 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Beberapa tujuan utama adalah Bali, Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan Semarang.

Perjalanan bisnis semakin meningkat

Perjalanan bisnis juga meningkat di Indonesia sejak pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan diterapkan pada Mei 2022. Hal ini menunjukkan peningkatan permintaan akomodasi dari perusahaan atau tamu besar sebesar 274 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Data booking OYO Indonesia menunjukkan ada lima kota yang paling sering dikunjungi masyarakat untuk perjalanan bisnis, yakni Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi, dan Medan.

Peningkatan tersebut juga dikatakan dipengaruhi oleh penyediaan skala akomodasi premi menengah dan unggulan oleh OYO, yang menawarkan berbagai akomodasi berkualitas untuk perjalanan bisnis.

Perjalanan wisata religi sangat diminati

Dengan peningkatan di beberapa bidang, OYO terus menemukan bahwa perjalanan rekreasi tetap menjadi pendorong pertumbuhan terbesar, yang naik sekitar 114 persen tahun-ke-tahun. Kota-kota yang diincar wisatawan adalah Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Lampung.

Penemuan menarik, tujuan spiritual dan budaya menawarkan daya tarik yang kuat bagi para pelancong. Beberapa di antaranya adalah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta, Desa Wisata di Bandung, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko di Yogyakarta, Candi Maria Annai Velangkanni, Candi Shri- Mariamman di Medan, kemudian Candi Besakih, Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu. Pura di Bali.

OYO mencatat peningkatan preferensi perjalanan masyarakat dari masa liburan Idul Fitri pada Mei 2022, dengan rekor pertumbuhan pemesanan akomodasi OYO hingga 90 persen year-on-year. Kemudian, pada Maulid Nabi Muhammad di bulan Oktober 2022, terjadi lonjakan permintaan akomodasi hingga lebih dari 25.000 booking.

Baca juga: liburan siap? Periksa daftar periksa ini terlebih dahulu saat berkemas

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button