Tren Kasus Covid-19 Meningkat, Sultan Yogyakarta Minta Protokol Kesehatan Diperketat - WisataHits
Yogyakarta

Tren Kasus Covid-19 Meningkat, Sultan Yogyakarta Minta Protokol Kesehatan Diperketat

TEMPO.CO, jakarta – Tren kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bergerak ke November ini, bertambah lebih dari 100 kasus per hari. Bahkan, sejak libur Lebaran Mei hingga Oktober, kasus baru Covid-19 tercatat setiap hari di Yogyakarta, di bawah 50 kasus per hari.

Tren peningkatan kasus yang saat ini juga ditandai dengan kunjungan wisatawan yang tinggi terlihat mulai 1 November 2022 dengan penambahan 124 kasus, kemudian 2 November. dengan 139 kasus dan 3.11. dengan 104 kasus.

Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai tren peningkatan kasus Covid-19 belakangan ini di pasar perbaikan rumah, agar tidak meningkat lebih dari periode sebelumnya atau pada puncak penularan. Salah satu caranya adalah dengan memperketat protokol kesehatan.

“Kami meminta masyarakat untuk tidak melepas masker mereka karena akhir-akhir ini semua orang akhir pekan Kasus bertambah,” kata Sultan, Kamis, 3 November 2022.

Sultan mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi lebih spesifik apakah kenaikan kasus di Yogya dipicu oleh merebaknya subvarian Omicron XBB yang diketahui memiliki fase penularan lebih cepat. Namun, menurut dia, jika melihat persentase ketersediaan tempat tidur rumah sakit atau BOR yang masih menurun, pihaknya menduga lebih banyak orang yang terdiagnosis COVID-19 tanpa gejala atau OTG.

“Kasus bertambah tapi di rumah sakit (BOR) tidak bertambah, artinya makin banyak yang OTG,” kata Sultan.

Dalam situasi seperti itu, sultan mengatakan yang terbaik yang bisa dilakukan adalah mengedukasi warga untuk memperketat protokol kesehatan agar tidak tertular dengan mobilitas yang lebih fleksibel yang berlaku saat ini. Sebab, menyikapi maraknya kasus dengan memberlakukan kembali kebijakan pembatasan mobilitas akan menimbulkan gejolak di masyarakat yang justru berusaha mengembalikan perekonomiannya ke jalurnya.

Kepala Dinas Umum, Humas dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, dengan penambahan kasus baru di atas 100 per hari, maka kasus aktif Covid-19 di DIY saat ini kembali menjadi 1.000 kasus atau 1.207 kasus aktif. , tepatnya. “Hari ini ada empat kasus kematian Covid-19 yang dikonfirmasi lagi,” katanya.

Rincian riwayat sementara kasus terkonfirmasi Covid-19 muncul hari ini dari hasil pemeriksaan mandiri 35 kasus, close contact tracing 3 kasus, konfirmasi 10 kasus, dan 56 kasus suspek. Adapun persebaran kasus Covid-19 menurut domisili kabupaten dan perkotaan, hari ini jumlah deteksi tertinggi berada di Kabupaten Sleman sebanyak 41 kasus, disusul Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul masing-masing 23 kasus.

Baca juga: Kunjungan wisatawan meningkat, Yogyakarta kembali mencatat 100 kasus Covid-19 per hari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button