Trekking seru ke Kawah Ratu Gunung Salak, lalu berenang di Clear River - WisataHits
Jawa Barat

Trekking seru ke Kawah Ratu Gunung Salak, lalu berenang di Clear River

TEMPO.CO, jakarta – Setiap gunung memiliki hal menarik yang berbeda, sehingga selalu menjadi tujuan wisata liburan. Gunung Salak tidak terkecuali. Tidak hanya pemandangan dan udaranya yang sejuk, gunung Jawa Barat ini memiliki pesona keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Kawah Ratu.

Kawah Ratu terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawah Ratu merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan memiliki ketinggian 1.437 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawah Ratu muncul dari letusan freatik yang terjadi di Gunung Salak pada tahun 1938. Letusan gunung berapi tersebut menciptakan kawasan kawah yang disebut Kawah Ratu dengan luas sekitar dua hektar.

Sebuah sungai kecil dari anak sungai Kawah Ratu di jalur pendakian Pasir Reungit, Bogor, 19 April 2015. Air di sungai ini mengandung belerang sehingga tidak bisa diminum. TEMPO/Frannoto

Kawah ini berwarna kuning karena pengendapan belerang di dasar sungai. Oleh karena itu, pengunjung dianjurkan untuk menggunakan masker untuk meminimalkan bau belerang yang tidak sedap. Selain itu, Kawah Ratu memiliki daya tarik Sungai Cikuluwung yang indah sepanjang 1 kilometer dan airnya berwarna hijau kebiruan. Berikut informasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung:

rute lokasi

Tempat wisata ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bogor atau 1 jam 30 menit dengan mobil. Dari Jakarta, wisatawan dapat berkendara melalui Tol Jagorawi dan keluar melalui Tol Sentul Selatan. Setibanya di pertigaan Cibatok, belok kiri dan lurus sejauh 18 kilometer. Setelah beberapa saat, pengunjung akan melihat gerbang Kawah Ratu.

Ada tiga jalur trekking resmi menuju Kawah Ratu yaitu Bumi Perkemahan Gunung Bunder, Pasir Reungit dan Cengkuang. Jalur Perkemahan Gunung Bunder membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam berjalan kaki.

Ada pemandangan indah dan kesempatan berfoto di sepanjang jalan untuk menghibur Anda. Jalurnya juga sangat menantang dan terkadang Anda harus menyusuri sungai kecil dengan air yang jernih menyegarkan.

Pasir Reungit Trail adalah jalur pendek sepanjang 3,6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam ditambah pemandangan pepohonan rindang di sepanjang jalan. Sedangkan rute Bumi Perkemahan Gunung Bunder terletak di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, dengan jarak tempuh 4,5 kilometer dan waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Biaya masuk

Tiket masuk objek wisata ini sebesar Rp 15.000 per orang di pos pendakian, sebelum membeli tiket masuk pengunjung terlebih dahulu mengisi data diri. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

aktivitas

Sesampainya di Kawah Ratu Gunung Salak, Anda bisa berfoto di tengah asap putih dengan latar belakang pepohonan hijau yang rindang. Pengunjung tidak hanya bisa berfoto, tetapi juga berenang atau bermain air dan menikmati dingin dan segarnya air Sungai Cikuluwung. Jika Anda lapar ada warung makan dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin bermalam menunggu matahari terbit dan terbenam, tersedia tempat perkemahan untuk berkemah.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Santapan mewah di Kampoeng Koneng, restoran keluarga di kaki Gunung Salak

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button