Trafik XL Axiata meningkat 50 persen pada malam tahun baru 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Trafik XL Axiata meningkat 50 persen pada malam tahun baru 2023

Trafik XL Axiata meningkat 50 persen pada malam tahun baru 2023

KANALSATU – Trafik PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami lonjakan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dari pantauan antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata traffic pelayanan selama periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebanyak 8 kali lipat dibandingkan hari biasa dan sebesar 29 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Lalu lintas memuncak pada Malam Tahun Baru sebesar 50 persen dibandingkan dengan kondisi siang hari normal.

Seperti yang diperkirakan, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik untuk layanan legacy, yakni panggilan suara, hanya meningkat 2 persen dan SMS 5 persen dibanding hari biasa.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan: “XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk memastikan dan menjaga kenyamanan pelanggan selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2023.

“Dan seperti yang sudah kami perkirakan sebelumnya, trafik meningkat signifikan mengingat masyarakat di berbagai daerah sudah mobile untuk merayakan dan menikmati libur Natal dan Tahun Baru di tengah situasi pandemi yang mulai terkendali, sehingga masyarakat bebas bepergian ke mana saja,” kata Gede.

Lanjut Gede XL Axiata juga bersyukur jaringan tetap dalam kondisi terbaiknya sepanjang musim liburan, tidak ada gangguan yang berarti karena XL Axiata sebelumnya telah melakukan sejumlah langkah proaktif.

Diantaranya peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, penggelaran Mobile BTS (MBTS), penyiapan genset dengan bahan bakar di daerah rawan bencana, dan kesiapan membangun transmisi jaringan di daerah yang terganggu ke jaringan sekitar.

Data XL Axiata juga menunjukkan aktivitas digital pelanggan yang tinggi selama liburan Nataru. Meski tidak diberlakukan lagi pembatasan perjalanan, lalu lintas di kawasan pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya masih menunjukkan peningkatan sekitar 8 persen dibandingkan hari biasa.

Kota dengan pertumbuhan lalu lintas tertinggi adalah Kabupaten Garut naik 29 persen, kemudian Kabupaten Cianjur naik 26 persen, dan Kabupaten Bogor naik 24 persen.

Menurut provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY mengalami pertumbuhan lalu lintas tertinggi dengan peningkatan hingga 22 persen, diikuti Bali, NTT, NTB sebesar 21 persen, lalu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah sebesar 19 persen.

Tujuan wisata populer juga mengalami peningkatan lalu lintas yang signifikan. Lalu lintas di Bali meningkat hingga 21 persen dibandingkan hari biasa. Ia naik menjadi 90 persen di solo course dan 25 persen di Lombok.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang bepergian ke luar negeri untuk memanfaatkan program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300.000 pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia, Kamboja, dan Singapura.

Dari total trafik layanan data selama periode Natal dan Tahun Baru, trafik dari layanan atau aktivitas streaming mendominasi, diikuti oleh akses file, game, dan web browsing. Lalu lintas untuk layanan streaming naik 25 persen dibandingkan lalu lintas hari biasa, sementara lalu lintas game naik 35 persen dan penelusuran web naik 30 persen.

Untuk sejumlah platform media sosial populer khususnya, trafik Facebook naik 9 persen dibanding hari biasa, Twitter naik 6 persen, dan Instagram naik 19 persen. Sedangkan untuk layanan berbagi video, lalu lintasnya naik 24 persen di YouTube dan 22 persen di Tiktok.

Untuk layanan perpesanan, trafik WhatsApp naik 39 persen dan trafik Telegram 737 persen.

Selain itu, layanan Spotify tumbuh 3 persen dalam lalu lintas streaming musik dan Joox tumbuh 2 persen. Untuk game, traffic tertinggi ada di Mobile Legends sebesar 35 persen dibanding hari biasa. Lalu Free Fire naik 78 persen.

Untuk layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70 persen, Disney+ naik 36 persen, Vidio naik 5 persen, WeTV naik 55 persen, dan Amazon Prime Video naik 61 persen dibanding hari biasa.

Dan seperti biasa saat libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps naik 42 persen, Waze GPS naik 40 persen, dan Apple Map naik 21 persen.

XL Axiata terus meningkatkan jangkauan layanan dan kualitas jaringan data. Berbagai wilayah di Indonesia terus berupaya memperluas dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G maupun fiberisasi.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61.000 desa/kelurahan, 5.700 kecamatan dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, didukung oleh lebih dari 145.000 BTS, termasuk lebih dari 90.000 BTS 4G dan jaringan tulang punggung serat optik yang membentang lebih dari 130.000 km mendukung jaringan data yang menjangkau kepulauan Indonesia yang luas.

Keberadaan jaringan data yang berkualitas turut berperan dalam mendukung proses digitalisasi di berbagai bidang sekaligus memfasilitasi peningkatan literasi digital bagi masyarakat luas. Di awal Desember 2022, kualitas jaringan data XL Axiata juga diakui oleh lembaga survei independen terkemuka OpenSignal.

XL Axiata dinobatkan sebagai operator Indonesia terbaik dalam empat kategori, yaitu Kecepatan Unduhan, Pengalaman Video, Pengalaman Gaming, dan Pengalaman Aplikasi Suara. (KS-5)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button