Tradisi Mertiwono kembali digelar warga Banyusoco, Gunungkidul - KUPAS MERDEKA - WisataHits
Yogyakarta

Tradisi Mertiwono kembali digelar warga Banyusoco, Gunungkidul – KUPAS MERDEKA

GUNUNG KIDUL, DIY (KM) – Kegiatan Mertiwono, tradisi budaya di Padukuhan Kepek I, Desa Banyusuco, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, dilaksanakan pada Jumat (4/11).

Kepala Desa Banyusoco Damanhuri menjelaskan, kegiatan saat musim tanam ini merupakan tradisi masyarakat di kawasan hutan. Ini merupakan pemahaman merti (pemahaman) tentang kondisi hutan (wono) agar masyarakat dapat bercocok tanam dan memperoleh hasil pertanian.

“Tradisi yang sudah berlangsung lama ini, ke depan akan berlangsung setahun sekali dengan karnaval dan pentas seni bagi warga sekitar,” jelasnya.

Damanhuri menambahkan, dengan adanya sinergi antara sektor kehutanan dan warga Desa Banyusoco, bertujuan untuk memperluas program edukasi wisata alam dengan fokus Madu Bronto serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada pihak kehutanan atas sinerginya dengan masyarakat Banyusoco, apalagi saat ini pihak kehutanan juga berencana menanam beberapa jenis tanaman yang semoga bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sulistiyono, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, mengatakan wisata bronto madu merupakan wisata alam yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Dengan adanya wisata alam di Madu Bronto ini masyarakat dapat melestarikan ekosistem alamnya dan melestarikan budayanya, sehingga wisata di Bronto Madu dapat lebih maju kedepannya dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” pungkas Sulistiyono.

Kegiatan Mertiwono di Madu Bronto dimulai pada Kamis (3/11), yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, yang dibarengi dengan penampilan berbagai kesenian di Kabupaten Banyusoco, yaitu karnaval budaya, genduri, pentas seni, jathilan, dan diakhiri dengan pertunjukan wayang kulit sebagai puncak acara. acara.

Reporter: Arifin
Penerbit: Sudrajat

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button