Tradisi karnaval budaya menjadi salah satu upaya untuk memperluas desa wisata di Kudus - WisataHits
Jawa Tengah

Tradisi karnaval budaya menjadi salah satu upaya untuk memperluas desa wisata di Kudus

Jakarta: Tradisi Karnaval Tanaman Gunung kembali digelar oleh warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

Masyarakat antusias menyambut puluhan gunungan produk yang akan dibawa melintasi desa pada Sabtu, 13 Agustus lalu, dan turut memeriahkan desa wisata Karanrowo agar lebih semarak.

Direktur Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudu, Mutrikah mengapresiasi kegiatan masyarakat yang semakin melestarikan budaya bumi binaan Karnaval Gunung.

Sebagai desa wisata, pihaknya menuntut saat ini berbagai potensi desa dapat ditingkatkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan dengan kembalinya karnaval budaya ini dapat mengantarkan kebangkitan budaya dan pariwisata di Kudus. Semoga produk kali ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Desa Karangrovo,” ujarnya.

Dalam acara yang juga dihadiri perwakilan Sedulur Sikep atau pemeluk Samin ini, Mutrikah berharap tradisi karnaval budaya dapat menjaga potensi wisata budaya kali ini. Selain itu, Mutrikah berharap masyarakat dapat menggali industri kreatif masyarakat untuk dikembangkan.

“Ekonomi kreatif di Desa Karangrovo ini juga perlu dikembangkan. Potensinya cukup besar untuk menarik masyarakat luas ke sini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Heri Darwanto mengaku senang karena desanya telah diakui sebagai desa wisata landmark oleh pemerintah Kabupaten Kudus sejak tahun 2021. Dengan munculnya pandemi Covid-19, tradisi karnaval budaya yang rutin digelar kali ini mampu membangkitkan berbagai potensi masyarakat untuk dikembangkan.

“Ke depan kami akan mengembangkan potensi industri kreatif yang ada. Nanti kita adakan pameran berdasarkan potensi masyarakat, salah satunya pada karnaval berupa ikan air tawar dan aneka olahan hasil bumi,” ujarnya. MI/komunitas

(WWD)

Source: www.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button