TPA Tlekung Kota Batu merupakan lembaga pendidikan pengelolaan sampah - WisataHits
Jawa Timur

TPA Tlekung Kota Batu merupakan lembaga pendidikan pengelolaan sampah

KOTA BATU, Jawa Timur (ANTARA) – Pemerintah Kota Batu mengatakan, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung di kawasan itu diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu mengatakan, pembangunan akan dimulai Taman Pendidikan Zero Waste TPA Tlekung berharap dapat menjadi wadah edukasi masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah.

“Dengan Taman Pendidikan Zero WasteTPA Tlekung bukan sekadar tempat pengelolaan sampah. Selain mendidik, juga mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya,” kata Dewanti.

Dalam kesempatan itu, Dewanti meresmikannya Taman Pendidikan Zero Waste, Pelatihan Pengelolaan Sampah di TPA Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. Setiap hari, TPA mengelola sekitar 120 ton sampah dari wilayah Kota Batu.

Menurutnya, dengan kelengkapan sarana dan prasarana, TPA mampu menangani 86 persen dari seluruh sampah yang dihasilkan. Persentase ini sudah di atas target pengelolaan sampah nasional sebesar 70 persen.

“TPA Tlekung mengelola 120 ton sampah dari seluruh Kota Batu setiap harinya. Dengan sarana dan prasarana yang ada, pengelolaan sampah Kota Batu sudah mencapai 86 persen dari target nasional sebesar 70 persen,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak 2021, manajemen TPA Tlekung juga menggandeng PT Arta Asia Putra untuk pengolahan limbah dan penggunaan mesin pirolisis atau proses dekomposisi kimia menggunakan pemanas buatan dalam negeri tanpa oksigen.

“Dalam kerja sama ini, diharapkan kerja sama tersebut saling menguntungkan, sehingga tidak hanya sampah yang diolah, tetapi juga dihasilkan produk yang bernilai ekonomi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal Pembuangan Sampah, Limbah, Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSLB3 KLHK), menambahkan bahwa Indonesia menargetkan untuk mencapai emisi net-zero pada tahun 2050.

Menurutnya, tujuan tersebut diharapkan dapat dimulai dengan adanya TPA Tlekung di Kota Batu yang telah dilengkapi dengan sejumlah sarana dan prasarana penunjang yang memadai untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

“TPA Tlekung terletak di dalam hutan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Nantinya Kota Batu tidak perlu lagi TPA,” ujarnya.

Taman Pendidikan Zero Waste merupakan salah satu wahana wisata Tempat Pembuangan Sampah di TPA Tlekung Kota Batu. Hingga sembilan perjalanan edukasi disiapkan di lokasi ini dalam rangka meningkatkan edukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah.

Beberapa penyelenggara pendidikan tersebut antara lain Wisata Edukasi Energi Terbarukan Sampah, Wisata Edukasi Magot, Pembuatan Kompos, Mesin Pirolisis dan Taman Edukasi. Kemudian pengelolaan lindi, sel sampah, digitalisasi sampah dan wisata hutan pinus.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul:

TPA Tlekung Kota Batu digunakan sebagai tempat pendidikan pengelolaan sampah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button