Tour de Timau juga mempromosikan pariwisata di Pegunungan Timau NTT - WisataHits
Jawa Timur

Tour de Timau juga mempromosikan pariwisata di Pegunungan Timau NTT

KUPANG, KOMPAS.com – Sebanyak 129 pebalap siap mengikuti lomba balap sepeda Tour de Timau di Pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan digelar pada 23 Oktober 2022.

Tour de Timau merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sebagai bagian dari XV. Forum Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Pria-Pria Persatuan Gereja Indonesia (PGI) (Konas FK-PKB) digelar selama tiga hari terhitung sejak 20 Oktober di Kota Kupang. 23, 2022.

Baca Juga: 5 Souvenir Populer Khas Kupang, Dari Daging Sei Hingga Kain Anyaman

Acara ini juga digelar untuk mempromosikan potensi wisata di Pegunungan Timau.

“Potensi pariwisata di daerah harus dipromosikan agar lebih dikenal,” kata Ketua Panitia FK-PKB PGI XV Konas dan Ketua DPRD Provinsi NTT, Emilia J. Nomleni, dalam konferensi pers di Kantor Sinode GMIT, Kota Kupang, Selasa (18/10/2022) malam.

Para pembalap tersebut berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Sulawesi Utara, Bali dan NTT.

Titik awal berada di kaki Gunung Timau dan titik akhir di Bukit Humont Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. Total panjang rute sekitar 12 kilometer.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Kupang, Ada Jagung Titi

Dalam perjalanan, para pengemudi yang berpartisipasi disuguhkan dengan pemandangan gunung yang indah dari sisi yang berbeda. Emi berharap kegiatan tetap berjalan lancar meski diprakirakan hujan.

Wakil Ketua Panitia Musyawarah Nasional XV FK-PKB PGI Alex Ena berharap para peserta dapat menikmati keindahan alam Pegunungan Timau dan Amfoang sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di NTT.

Baca Juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT Yang Masih Asyik Dijelajahi

Pemilihan lokasi tersebut juga berdasarkan survei tim Federasi Sepeda Indonesia (ISSI), yang menetapkan bahwa lokasi tersebut berpotensi menjadi situs bersepeda terindah di dunia.

“Dan memang tempatnya sangat indah, jadi siapa saja yang ke sana, termasuk para pembalap akan terpesona dengan alam pegunungannya,” kata Alex.

Nantinya, acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan kegiatan lainnya, seperti B. pawai budaya, pawai kuda dan tarian massal bonet dan natoni (sapaan adat suku Timor).

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button