Tour De Merapi bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Sleman - WisataHits
Jawa Barat

Tour De Merapi bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Sleman

Tour de Merapi 2022

MAT INDONESIA, SLEMAN – Kegiatan Tour De Merapi akan berlangsung kembali pada tahun 2022. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melepas peserta pada Minggu (16/10) di Lapangan Pemda Sleman. Sebanyak 550 peserta diberhentikan untuk melakukan perjalanan ke terminus di Desa Ekowisata Pancoh, Turi.

Agenda tahunan ini tidak hanya melibatkan warga Kabupaten Sleman, tetapi juga peserta dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kepala Biro Pariwisata Ishadi Zayid menjelaskan, De Merapi Tour ke-17 ini merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi wisata, khususnya di Sleman Barat, daerah penyangga pangan. Melalui kegiatan ini diharapkan potensi dan kekayaan pariwisata di wilayah Sleman Barat semakin dikenal masyarakat luas, seperti halnya di wilayah Sleman Utara dan Sleman Timur.

“Acara De Merapi Tour ini menempuh jarak 100 km dengan total 5 posko. Dengan melingkupi kawasan Sleman Barat, diharapkan potensi wisata di sana bisa semakin terungkap ke publik, seperti kawasan Sleman Utara dan kawasan Sleman Timur,” kata Zayid.

Setelah dibatasi kegiatan akibat pandemi Covid-19 dua tahun lalu, Zayid menjelaskan agenda Tour De Merapi kini berkembang dengan live talkshow kebijakan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sleman. Zayid juga berharap jumlah peserta meningkat di tahun berikutnya, dan hari ini juga ada peserta dari luar Sleman.

Kegiatan Tour de Merapi 2022 ini mengusung tema “Recover Faster, Rise Stronger” yang melalui kegiatannya dapat merevitalisasi sektor pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian di Kabupaten Sleman.

Sementara itu Bupati Kustini menyampaikan kepada Sri Purnomo bahwa antusiasme peserta yang besar menjadi bukti bahwa Tour De Merapi memiliki peminat tersendiri. Dengan pelaksanaan di tahun ke-17, para peserta tidak hanya harus mengenal potensi wisata di Kabupaten Sleman, tetapi juga dididik tentang ketertiban dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

“Semoga kegiatan Tour De Merapi ini dapat meningkatkan kunjungan masyarakat di kawasan wisata Sleman, dan saya ingatkan kembali untuk selalu berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan,” ujar Kustini.

Setelah melalui 5 posko yang telah ditentukan, peserta Tour de Merapi 2022 melanjutkan perjalanan menuju finish point di Desa Ekowisata Pancoh, Girikerto, Turi. Berbagai kegiatan seperti hiburan musik, talkshow wisata Sleman dan pembagian doorprize turut memeriahkan penutupan Tour de Merapi di titik finish.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman mengikuti pengundian dan menyerahkan hadiah utama yaitu 1 unit sepeda motor dan 1 unit sepeda gunung.

Reporter: Abraar

Source: www.minews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button