Tonton Lebih Sedikit Drama, Perbanyak Drasun - WisataHits
Jawa Barat

Tonton Lebih Sedikit Drama, Perbanyak Drasun

bandung

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau generasi muda Indonesia untuk mengurangi tontonan drama Korea (drakor). Tujuannya agar industri kreatif Indonesia bisa bersaing dengan Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno saat menghadiri acara kuliner Keuken 2022: Sunday Funday di Taman Kiara Artha, Kota Bandung pada Minggu (28.8.2022).

Saat itu, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa ekonomi kreatif Indonesia saat ini berada di peringkat 3 besar dunia, di belakang Amerika Serikat dan Korea Selatan.

“Ekonomi kreatif kita sekarang berada di 3 besar dunia setelah Amerika dan Hollywood, Korea mendengarkan K-pop dan Drakor (drama Korea), Indonesia sudah di tempat ketiga,” kata Sandiaga.

Sandiaga yakin Indonesia bisa menyalip Korea Selatan di posisi kedua. Menurut dia, warga Indonesia, terutama anak muda, akan cenderung tidak menonton K-pop hingga Drakor.

Ia mencontohkan agar film Sunda dan dangdut koplo bisa lebih dikenal. Indonesia dengan ekonomi kreatif yang besar mampu menyalip Korea Selatan di posisi kedua.

“Jika kita kurang mendengarkan K-pop atau menonton Drakor dan lebih banyak menonton Drasun (drama Sunda) atau Dekop (Dangdut Koplo), kami berharap dapat balapan di Korea dalam lima tahun ke depan,” katanya.

Selain itu, Sandiaga mengatakan sektor pariwisata Indonesia juga telah mampu mengungguli negara-negara ASEAN lainnya, yaitu Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

“Data terakhir menunjukkan Indonesia naik 12 posisi di dunia pariwisata, mengungguli Malaysia, Thailand, dan Vietnam di peringkat 32,” katanya.

Bahkan, dia menilai sektor pariwisata paling cepat pulih dari dampak pandemi Covid-19.

“Bisnis pariwisata pulih paling cepat dalam dua tahun terakhir, sektor tercepat dalam penyediaan rental atau persewaan kendaraan, di Bali, Bandung sibuk. Jasa makanan dan minuman tumbuh pesat, dan perdagangan barang pariwisata tumbuh.” , pungkas Sandiaga .

(bba/yum)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button