Tol Trans Jawa Seksi Paspro Ruas Probolinggo Timur-Gending Selesai Maret 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Tol Trans Jawa Seksi Paspro Ruas Probolinggo Timur-Gending Selesai Maret 2023

Pengarang : Nisa Alfiani

TVRINews, Jawa Timur
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A (Probolinggo Timur-Gending) di Provinsi Jawa Timur. Penyelesaian Tol Paspro Seksi 4A akan melengkapi Seksi 1-3 yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara dan pelabuhan dapat menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

“Selain mendukung akses wisata, tol Paspro juga akan mempermudah mobilisasi kegiatan bongkar muat logistik di pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. Selain itu, wilayah sekitarnya seperti Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, dan Malang mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” kata Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menambahkan, keberadaan Tol Paspro bisa mengurangi kepadatan sekitar 50 hingga 60 persen di jalan nasional Pasuruan-Probolinggo dan menjadi jalur akses alternatif jalur wisata Bromo-Tengger-Semeru. Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Tol Paspro memiliki total panjang 43,75 km dan terdiri dari 4 seksi yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan seksi 4B sepanjang 3,8 km.

Seksi 1-3 sepanjang 30,3 km telah beroperasi sejak 2019 di bawah pengelolaan Jalan Tol PT Trans-Jawa Paspro. Sedangkan Seksi 4A Probolinggo Timur masih dalam pengerjaan dengan progres 66,21 persen dan ditargetkan selesai pada Maret 2023. Ini berlanjut dari Seksi 4B Gending Interchange hingga akhir proyek sepanjang 3,8 km.

Untuk menjamin kualitas pelayanan jalan tol Paspro dan rest area yang berkelanjutan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama tim ahli/ahli melakukan kajian lapangan untuk mencapai standar pelayanan minimal jalan tol dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalan tol.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button