Tips untuk Petualangan Kepala Botak: Jangan Malu - WisataHits
Jawa Tengah

Tips untuk Petualangan Kepala Botak: Jangan Malu

KOMPAS.com – Heru Wasana, karakter dibalik karakter Si Gundul, yang sering mengarahkan pertunjukan backpacker-di luar negeri, ini berbagi banyak tips bepergian sendiri yang telah dia praktikkan selama beberapa dekade petualangan.

Prinsip yang selalu dia pegang adalah jangan malu. Ia berpendapat, orang pemalu lebih sulit menjalin komunikasi dengan warga sekitar.

Baca juga:

“Ketika kita malu menjadi sulit untuk berhubungan dengan orang-orang di sekitar kita dan untuk pertanyaan harga kita dihukum.gohok soalnya kita culun banget,” kata Gundul saat bertemu dengannya Kompas.com pada acara INDOFEST 2022 di Senayan, Jakarta, Sabtu (9/3/2022).

Tapi sebelum Anda memutuskan backpackerNamun, penting untuk membiasakan diri terlebih dahulu dengan adat dan kebiasaan masyarakat di tempat yang Anda tuju.

“Kita pelajari tempatnya dulu, selalu perhatikan di mana bumi diinjakkan, di situlah surga digenggam,” katanya.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Dekat Danau Toba yang Cocok Untuk Petualang

Cara mendekatkan diri dengan masyarakat ala Si Gundul

ilustrasi pendaki berjalan ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah Ilustrasi pendaki gunung berjalan

Dia juga berbagi slogan yang telah ia gunakan saat berbaur dengan penduduk setempat.

“Yang jelas orang Indonesia itu ramah dan mereka profil rendah Siapa pun jika saya memiliki slogan ‘Ada yang bisa membantu?’” katanya.

Ia berpesan agar setiap kali mengunjungi suatu tempat, carilah kegiatan masyarakat setempat di tempat itu dan kemudian bantulah mereka.

Baca juga:

“Jadi jangan pernah malu. Jangan menunggu kita ditegur, tapi kita harus memperkenalkan diri terlebih dahulu,” katanya.

Menurutnya, traveling bisa dilakukan kapan saja asalkan punya ibu jari untuk memanggil kendaraan, mulut untuk meminta tumpangan, dan energi untuk bersosialisasi untuk membalas kebaikan.

Baca juga: Bagi Petualang, Ini Tips hunting foto di alam bebas

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button