Tips Liburan ke Jogja dari Lombok By Sea - WisataHits
Yogyakarta

Tips Liburan ke Jogja dari Lombok By Sea

Tips Liburan ke Jogja dari Lombok By Sea

KORANNTB.com – Wisata di kota Gudeg Jogja memang paling terkenal di Indonesia. Ini karena tur lengkap yang ditawarkan. Mulai dari wisata alam di Gunung Kidung, wisata edukasi untuk anak-anak seperti Kebun Binatang Gembira Loka hingga Taman Pintar, wisata sejarah seperti Borobudur hingga Prambanan, wisata kuliner, budaya, hiburan di Malioboro dan lain-lain.

Jogja memang sangat ramai, apalagi pusat keramaian di Malioboro yang selalu booming setiap akhir pekan.

Bagi yang ingin melakukan perjalanan dari Lombok ke Jogja, berikut tips perjalanan yang bisa digunakan.

Lembar 1—Surabaya

Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) Kirana VII bisa menjadi alternatif. Tarif untuk dewasa Rp 192.000, anak-anak Rp 137.000 dan bayi Rp 40.000. Ini untuk kelas ekonomi dengan tempat tidur yang nyaman karena ada sandaran kepala. Tarif ini merupakan tarif terbaru dan ditujukan khusus untuk penumpang tanpa kendaraan.

Perjalanan memakan waktu sekitar 18 jam hingga 21 jam. Anda tidur satu malam saja di atas kapal dengan nyaman dan dilengkapi AC yang sejuk.

2. Transportasi Darat

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Perak, Anda bisa menggunakan transportasi darat menuju Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng. Transportasi darat dengan harga maksimal 100.000.

Estimasi waktu tempuh dari Tanjung Perak ke Stasiun KA Gubeng sekitar 30 menit.

3. Kereta Api

Setibanya di Stasiun Gubeng, Anda bisa membeli tiket menuju Stasiun Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Stasiun Tugu Jogja.

Tarif kereta sangat bervariasi, mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 200.000 untuk kelas ekonomi.

Waktu tempuh biasanya 5 jam atau 4 jam, dengan pemberhentian di stasiun Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan dan Klaten.

4. Akomodasi

Sesampainya di stasiun kereta api Yogyakarta, Anda bisa mencari penginapan. Sebaiknya cari penginapan di dekat Malioboro agar hemat budget, karena wisatawan di sekitar Malioboro tentu akan berwisata atau membeli oleh-oleh seperti kaos atau bakpia.

Banyak penginapan di sekitar Malioboro. Membeli melalui aplikasi lebih murah. Tarif biasa mulai dari Rp 300.000 atau Rp 500.000 per malam. Tergantung bakat Anda mencari hotel murah.

5. Rute lain

Selain jalur Lembar – Surabaya, ada jalur lain yang cukup nyaman. Anda bisa melintasi Banyuwangi dari Lembar ke Ketapang dengan perkiraan waktu sekitar 12 jam.

Dari Banyuwangi, Anda bisa mencari Stasiun Kereta Api Banyuwangi yang jaraknya sangat dekat dengan pelabuhan. Kemudian naik kereta langsung ke Yogyakarta. Namun, perkiraan perjalanannya cukup panjang, memakan waktu sekitar 12 jam. Anda bisa tidur sambil duduk di kereta. Anda dapat memeriksa tarif melalui internet karena tarif tergantung pada kereta. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button