Tips dan cara aman bepergian jauh ke tempat wisata saat liburan tahun baru - WisataHits
Yogyakarta

Tips dan cara aman bepergian jauh ke tempat wisata saat liburan tahun baru

TRIBUNJOGJA.COM – Menjelang akhir tahun 2022 sekaligus menyambut tahun 2023, banyak orang yang merencanakan liburan ke berbagai tempat wisata.

Termasuk menjadikan sepeda motor sebagai alat transportasi yang dapat diandalkan untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang jauh dari kehidupan sehari-hari.

Agar perjalanan menyambut momen pergantian tahun berjalan lancar, Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer motor Honda di area Yogyakarta, Kedu dan Banyumas memberikan tips #Cari_Aman berkendara jarak jauh.

1. Kondisi mesin

Sepeda motor merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan.

Sebelum berkendara jarak jauh, sangat disarankan untuk mengecek kondisi sepeda motor secara keseluruhan.

Jika sepeda motor tidak dalam kondisi prima, maka dapat dilakukan perawatan di AHASS terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada masalah selama perjalanan.

2. Kondisi fisik

Sama halnya dengan sepeda motor. Tubuh kita juga butuh istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh.

Pastikan kita makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk bersepeda jika tubuh Anda sedang tidak enak badan.

3. Bagasi

Dalam hal ini, untuk barang bawaan, disarankan untuk tidak membawa terlalu banyak.

Saat mengangkut barang, tidak boleh menonjol keluar dari bodi sepeda motor dan muatannya tidak boleh terlalu berat, karena akan mempengaruhi kestabilan sepeda motor.

Tidak disarankan menggunakan tali atau kayu untuk menopang barang bawaan, melainkan menggunakan box tambahan yang disesuaikan dengan dimensi sepeda motor.

4. Istirahat di sepanjang jalan

Kondisi fisik dan kebugaran menurun setelah sekitar 2-3 jam berkendara.

Jika Anda masih memaksakan diri untuk mengemudikan mobil dalam keadaan seperti ini, bisa mengakibatkan hilangnya konsentrasi selama berkendara atau bahkan microsleep.

Microsleep adalah kondisi dimana pengemudi tertidur sebentar tanpa disadari sudah terlalu lelah.

5. Berdoa

Segala sesuatu yang terjadi tidak lepas dari takdir Tuhan Yang Maha Esa. Alangkah baiknya jika kita berdoa sebelum berkendara jarak jauh dalam hal ini sebelum melakukan aktivitas agar terhindar dari stress.

“Hari ini, besok adalah hadiah terbesar dari berkendara yang aman. Jadi tetap #Cari_Aman saat berkendara, jangan lupa pakai helm dan jaket,” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal. (*/rls)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button