Tingkatkan Potensi Wisata, Tanah Tandus Blora Tanam 1.000 Bibit Pohon - WisataHits
Jawa Tengah

Tingkatkan Potensi Wisata, Tanah Tandus Blora Tanam 1.000 Bibit Pohon

Suara.com – Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo menggenjot pariwisata dengan menanam bibit pohon di lahan kering Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jawa Tengah. Menurut Ganjar, penanaman bibit pohon akan menunjang keindahan pariwisata.

“Jadi mumpung hujannya deras, mari kita menanam semampu kita. Maka ini bisa menjadi tempat wisata yang bagus,” kata Ganjar.

Pada kesempatan ini Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat dan kelompok tani, secara simbolis menanam 1.000 bibit pohon kenanga, kantil, pule, serut, garu, alpukat dan cemara.

Ganjar mengatakan lahan kering masih bisa ditanami berbagai bibit pohon lain, seperti pohon buah-buahan.

Baca Juga: DPC PPP Jakarta Pusat Nyatakan Dukung Ganjar

“Di daerah yang masih relatif kering seperti ini, momentum musim hujan benar-benar dimanfaatkan untuk menanam sebanyak-banyaknya. Misalnya, tadi ada anjuran dari Bupati (Blora) untuk menanam buah dan pohon, masyarakat tidak mau ditebang,” katanya.

Ganjar juga meminta pengelola wisata Bukit Serut untuk membuat kawasan itu lebih indah. Mantan anggota DPR RI itu juga mendorong keterlibatan perguruan tinggi dalam pengembangan pariwisata di Bukit Serut.

“Jadi kalau itu bisa dikelola dengan baik, saya sudah menata lanskapnya dengan baik sehingga indah. Kalau harus mengundang perguruan tinggi supaya bisa dikembangkan nanti, orang-orang datang ke sini dengan sangat baik,” katanya.

Ganjar berpesan kepada pengelola wisata dan pemudik untuk menjaga kebersihan Bukit Serut yang telah ditanami bibit pohon. Ganjar berharap kebersihan di kawasan ini tetap terjaga.

“Hal kedua yang saya katakan adalah sampah itu dikelola dengan baik agar tidak kotor. Jadi buat aturan dari bawah, dari sini disiapkan administrasinya agar nanti bisa bagus,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah FX Rudy Diminta Debat 1,5 Jam Oleh DPP PDIP: Jika Terkena Sanksi Adil

FYI: Bukit Serut yang ditanami pohon merupakan lahan milik Perhutani bekerjasama dengan masyarakat. Saat ini, masyarakat setempat menggunakan lahan ini sebagai tempat wisata.

“Inilah kebaikan Perhutani yang bisa dikelola oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk pariwisata,” kata Ganjar.

Perlu dicatat bahwa Ganjar juga secara intensif menanam pohon sumber daya di lahan yang tidak produktif. Salah satunya penanaman benih jagung di lahan seluas 10 hektar milik Kodam IV/Diponegoro di Desa Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV/Diponegoro dan jajarannya karena mereka cukup serius dengan ketahanan pangan. Lahan Kodam sekarang sudah ditanami jagung,” kata Ganjar, Rabu (28/9).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button