Tingkatkan potensi wisata Gunung Kemukus dengan Festival Kuliner UMKM - WisataHits
Jawa Tengah

Tingkatkan potensi wisata Gunung Kemukus dengan Festival Kuliner UMKM

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com – Bisa Fest Pesona Kreasi Kuliner Sragen digelar Kamis (12/8) di Sendang Ontrowulan, kawasan wisata Gunung Kemukus.

Acara tersebut diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Wakil Ketua Komisi X DPRl Fraksi PDI Perjuangan Agustina Wilujeng Pramestuti.

Acara juga diisi dengan lomba memasak yang diikuti oleh 20 pelaku UMKM. Menu-menu kreatif yang disajikan diapresiasi oleh Agustina Wilujeng dan Ni Komang Ayu Astiti perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Eksotisme Tarian Gunung Kemuku, Javanologi UNS Ciptakan

“Tidak hanya menyiapkan hidangan yang enak dan nikmat, tetapi juga memanfaatkan kondisi alam dan budaya setempat untuk menjadi harta karun kuliner,” kata Agustina.

Ada aneka menu dengan lauk ikan dari Waduk Kedung Ombo (WKO), hasil olahan ubi dari kawasan WKO, nasi tumpeng, kembang api botok ala Sragen, nasi pisang goreng. Dimsum ikan dan pangsit goreng yang terbuat dari daun kelor juga disajikan. Berbagai hidangan dipasarkan sebagai makanan beku.

Para pelaku kuliner ini terus didorong dan didukung oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Karena karya mereka juga mengembangkan pariwisata.

Baca juga: Mau Ubah Citra Negatif Gunung Kemukus? Butuh waktu yang lama

Ni Komang dari Kemenparekraf juga terkesan dengan UMKM kuliner Sragen.

“Sragen memiliki potensi kuliner pelaku UMKM yang perlu dikembangkan karena mendukung pengembangan pariwisata. Mereka terus mengembangkan produknya,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button