Tingkatkan kompetensi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Pertamina dan Telkom - WisataHits
wisatahits

Tingkatkan kompetensi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Pertamina dan Telkom

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Pertamina dan Telkom menggelar kegiatan pelatihan bagi pelaku UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional (DPSP). ).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari secara online dari tanggal 26-28 Juli 2022 ini diikuti oleh 80 pelaku UMKM kunci di Labuan Bajo, antara lain 51 UMKM kuliner, 16 UMKM fesyen dan 13 UMKM kerajinan.

Kemenparekraf Gandeng Pertamina dan Telkom Tingkatkan Kompetensi Pelaku Ekonomi Kreatif di Labuan BajoKemenparekraf Gandeng Pertamina dan Telkom Tingkatkan Kompetensi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo, foto: Kemenparekraf

MP Bidang Perindustrian dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Manurung, dalam sambutan virtualnya pada acara “Peningkatan Kapasitas UMKM dalam Persiapan Pertemuan Bisnis dengan Hotel di DPSP Labuan Bajo”, Rabu (27/7/2022), menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas pengembangan UMKM pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar Labuan Bajo.

“Upgrade ini merupakan upaya peningkatan kapasitas dan daya saing UMKM, khususnya dalam mempersiapkan pertemuan bisnis dengan industri perhotelan,”

kata Hengky Manurung.

Pelaku UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo harus meningkatkan kualitas produk agar nantinya dapat memenuhi standar kebutuhan industri perhotelan di Labuan Bajo.

“Kegiatan ini akan mendorong UMKM untuk memiliki produk yang berkualitas dan mampu memenuhi standar hotel, sehingga nantinya semua kebutuhan hotel dapat dipenuhi oleh UMKM”,

dia berkata.

Direktur Pembinaan Industri Kemenparekraf/Baparekraf Anggara Hayun Anujuprana menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerjasama Kemenparekraf, Telkom dan Pertamina untuk meningkatkan kapasitas bisnis UMKM khususnya dari sisi branding, komunikasi, teknik negosiasi dan strategi harga.

“Fasilitator dari Pertamina dan Telkom akan mengajarkan strategi branding, komunikasi, negosiasi, dan pricing pelaku UMKM.

Tujuannya agar pelaku UMKM siap menghadapi business appointment dan bisa mendapatkan perjanjian kerjasama dengan hotel”,

kata Hayun.

Setelah menyelenggarakan kegiatan pembangunan selama tiga hari, Kemenparekraf akan menyusun katalog elektronik dan memberikan pendampingan kepada seluruh peserta hingga pertemuan bisnis dengan hotel.

Tujuan akhir dari rangkaian program ini adalah terciptanya rantai pasok yang berkelanjutan antara UMKM dan hotel di DPSP Labuan Bajo.

“Tujuan akhir dari rangkaian kegiatan ini adalah terbentuknya rantai pasok yang berkelanjutan antara UMKM dan hotel, sehingga akan meningkatkan perekonomian secara signifikan, baik di sisi hotel sebagai permintaan maupun di sisi UMKM sebagai tawaran”

kata Hayun.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menambahkan, peluang UMKM untuk bisa memenuhi kebutuhan hotel sangat besar.

Tidak hanya hotel di Labuan Bajo, tetapi juga potensial untuk memenuhi kebutuhan jaringan hotel nasional.

“Kemenparekraf memiliki jaringan hotel yang sangat besar, sehingga peningkatan ini akan membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Labuan Bajo untuk dapat memenuhi kebutuhan hotel, baik hotel di kawasan Labuan Bajo maupun berskala nasional”,

dia berkata.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SMEPP PT Pertamina, Rudi Ariffianto mengatakan, Pertamina mendukung penuh kegiatan pemberdayaan dan pelatihan UMKM.

Rudi menjelaskan, saat ini Pertamina memiliki program UMK Academy yang bertujuan untuk mendorong UMKM agar bisa maju di kelas.

“Pertamina memiliki program UMK Academy yang bertujuan untuk mendorong UMKM untuk maju di kelas.

Pertamina juga mendukung UMKM, mulai dari pendampingan hingga mekanisme pembiayaan UMKM yang dapat diakses melalui genumkm.pertamina.com.

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button