Tingkatkan Keterampilan, Pengelola Desa Wisata Wayang Wukirsari Ikuti Pelatihan Pengelolaan Homestay - WisataHits
Yogyakarta

Tingkatkan Keterampilan, Pengelola Desa Wisata Wayang Wukirsari Ikuti Pelatihan Pengelolaan Homestay

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Sebanyak 19 pengelola Desa Wisata Wayang Wukirsari, Imogiri, Bantul mengikuti pelatihan manajemen homestay di Grand Rohan Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas akomodasi dan kunjungan wisatawan.

Pelatihan ini juga bekerjasama dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Central Asia (BCA) “Bakti BCA” dan Wisdom Institute.

Diketahui, Wisata Wayang Wukirsari telah disponsori oleh Bank BCA sejak tahun 2014.

Moderator Business Wisdom Institute Made Muku mengatakan selain potensi desa wisata yang dikembangkan lebih lanjut, keterampilan pengurus juga perlu ditingkatkan.

Dengan begitu, Desa Wisata Wayang Wukirsari dapat lebih banyak bekerja dengan potensi alam dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di masa mendatang.

“Harapannya, pelatihan bagi pengelola desa wisata ini terus dilakukan secara berkelanjutan ke depannya dan dapat mengembangkan topik-topik lain terkait pengelolaan desa wisata,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (12/11/2022).

Dikatakannya, untuk membangun desa wisata yang disukai banyak orang, manajemen harus bisa meningkatkan standar kualitas pelayanan dan mendorong kreativitas.

Manajemen juga harus mampu berinovasi menghadapi persaingan bisnis dan mampu membangun komunikasi yang kuat antar elemen desa liburan.

Baca juga: Tak Ada Lagi Bahan, Pemohon SIM di Bantul Dapat Surat Penggantian Sementara

Baca Juga: MUA Sukoharjo Tolak Tawaran Merias Kaesang-Erina, Ternyata Job Padat

Adviser BCA CSR Solutions, Ira Bachtiar, mendukung pelatihan ini.

Hal ini karena CSR BCA berfokus untuk mempromosikan desa wisata di DIY dan Indonesia yang memiliki potensi, baik untuk pengembangan sumber daya manusia maupun alam.

“Saya berharap dengan pelatihan ini seluruh peserta mampu memahami prinsip-prinsip manajemen, meningkatkan standar kualitas pelayanan dan meningkatkan kreativitas pengurus,” jelasnya.

Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan dapat betah dan terus mengunjungi Desa Wisata Wayang Wukirsari tanpa meninggalkan keluhan.

Wisata Wayang Wukirsari menawarkan paket wisata antara lain pembuatan boneka, melukis boneka, kelas filosofi boneka, menjelajahi kampung boneka, pertunjukan wayang, belajar gamelan, belajar balet, menulis aksara Jawa, membatik dan lain-lain.

Selain itu, Wayang Wukirsari Tour juga menawarkan paket wisata lainnya yaitu Trekking, Jelajah Sawah, Menanam Sawah, Bermain Bola Sawah, Wedang Uwuh dan Outbond.

Pengunjung dapat menikmati paket wisata berdasarkan durasi yang diinginkan.

Jika ingin menikmati semua paket wisata yang ditawarkan, pengunjung dapat memilih paket homestay dan menginap di rumah warga untuk berbaur dengan kehidupan warga Desa Wukirsari.

Biasanya tamu menginap 3 hari 2 malam untuk menikmati semua paket wisata yang ditawarkan. (Tribunjogja/Ard)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button