Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 3-2 dan lolos ke Piala Asia U-20 - WisataHits
Jawa Timur

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 3-2 dan lolos ke Piala Asia U-20

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Timnas Indonesia lolos ke final Kejuaraan Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Timnas Indonesia mengamankan tiket ke final Piala Asia U-20 setelah mengalahkan Vietnam 3-2 (0-0) pada laga terakhir kualifikasi Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/2022).

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia memuncaki klasemen Grp F dengan raihan 9 poin dari tiga laga. Dengan menjadi juara grup, Robi Darwis dan kawan-kawan otomatis lolos ke Uzbekistan.

Sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia sudah bisa tampil di media cetak. Pertandingan terhenti selama lima menit, tim nasional Indonesia kebobolan dua sepak pojok dan memberikan ancaman ke gawang Vietnam.

Tekanan konstan terus diterapkan melalui skema serangan kaki-ke-kaki dan umpan-umpan panjang. Sementara Vietnam hanya bisa bertahan meredam agresivitas internasional Indonesia.

Namun, hingga akhir babak pertama, tim nasional Indonesia dan Vietnam gagal mencetak gol. 0-0 di 45 menit pertama.

Putaran kedua

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang. Alhasil, Marselino Ferdinand memberi tim nasional Indonesia keunggulan pada menit ke-59. Pemain nomor 7 ini mencetak gol indah dari tendangan jarak jauh dari luar kotak.

Marcelino.jpgMarselino Ferdinand merayakan sorak-sorai pesawat setelah membobol Gerbang Vietnam pada Minggu (18 September 2022). (Foto: PSI)

Namun, dominasi timnas Indonesia tidak bertahan lama. Vietnam menyamakan kedudukan pada menit ke-66 setelah gol bunuh diri kapten timnas Indonesia Ferarri.

Hasil imbang 1-1 membuat pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengubah taktik. Forward Rabbani Tasnim menggantikan Hokky Caraka. Selain itu, Alfrianto Nico juga ada untuk memperkuat sayap kanan.

Bencana datang menimpa tim nasional Indonesia. Pada menit ke-79, Vietnam mencetak gol melalui serangan balik
Dinh Xuam Xing.

ferari.jpgKapten timnas Indonesia, Ferarri, merayakan golnya ke gawang Vietnam, Minggu (18/9/2022). (Foto: PSSI doc)

Beruntung, pemain internasional Indonesia itu tidak patah semangat dan menyamakan kedudukan melalui sundulan Ferrari untuk mengubah skor menjadi 2-2. Kapten timnas Indonesia itu mencetak gol dengan sundulan menyambut sepak pojok.


Sukses menyamakan kedudukan membuat timnas Indonesia semakin girang. Tembakan Rabbani ke gawang pada menit ke-86.

Gol Rabbani tercipta berkat keberhasilan Alfrianto Nico yang menusuk dari sisi kanan. Nico kemudian melepaskan tembakan tepat sasaran yang tak mampu ditepis kiper Vietnam, yang kemudian dengan mudah ditepis Rabbani untuk mengubah skor menjadi 3-2 bagi Indonesia.

Skor 3-2 bertahan hingga akhir pertandingan dan Timnas Indonesia berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan 2023.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button