Timeline: Bencana stadion sepak bola terburuk dalam 40 tahun terakhir - WisataHits
Jawa Barat

Timeline: Bencana stadion sepak bola terburuk dalam 40 tahun terakhir

Oktober 1996, Guatemala

Lebih dari 80 orang tewas dan sedikitnya 147 luka-luka ketika longsoran fans jatuh dari kursi dan tangga di Guatemala City selama kualifikasi Piala Dunia antara Guatemala dan Kosta Rika.

Mei 1992, Prancis

Sebelum semifinal Piala Prancis melawan Olympique de Marseille, sebuah tribun di stadion Furiani Bastia runtuh, menewaskan 18 orang dan melukai lebih dari 2.300 orang.

Januari 1991, Afrika Selatan

Empat puluh dua orang tewas terlindas selama pertandingan pra-musim di Stadion Oppenheimer di Orkney antara Kaizer Chiefs dan Orlando Pirates. Seorang penggemar Pirates menyerang pendukung Chiefs di kerumunan dengan pisau.

April 1989, Inggris

96 pendukung Liverpool dihancurkan sampai mati di kandang berpagar yang penuh sesak di Stadion Hillsborough di Sheffield menjelang semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest.

Seorang korban meninggal Juni lalu, 32 tahun setelah menderita kerusakan otak yang parah dan tidak dapat diperbaiki.

Baca juga: Intip keindahan Wisata Bandung Timur, jadi penyemangat saat lelah

Maret 1988, Nepal

Lebih dari 90 orang tewas dalam badai es di stadion sepak bola nasional Nepal di Kathmandu ketika mereka bergegas menuju pintu keluar yang terkunci.

Mei 1985, Belgia

Menjelang final Piala Eropa antara Juventus dan Liverpool di Stadion Heysel di Brussel, 39 suporter tewas dan lebih dari 600 lainnya cedera.

Mei 1985, Inggris

Sedikitnya 56 orang tewas dan lebih dari 200 terluka ketika kebakaran terjadi di tribun di Stadion Parade Lembah Bradford selama pertandingan divisi ketiga melawan Lincoln City.

Oktober 1982, Rusia

Fans sangat terpukul ketika mereka meninggalkan pertandingan Piala UEFA antara Spartak Moscow dan klub Belanda HFC Haarlem di Stadion Luzhniki di Moskow.

Pejabat dari bekas Uni Soviet belum mengungkapkan tragedi itu selama bertahun-tahun. Jika mereka melakukannya, mereka memberikan angka kematian resmi 66, meskipun angka kematian akibat kecelakaan di pintu keluar bisa mencapai 340. ***

Source: www.riau24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button