Tim pengabdian UJB memberikan pelayanan kepemudaan dan mengembangkan pariwisata Lembah Papah - WisataHits
Yogyakarta

Tim pengabdian UJB memberikan pelayanan kepemudaan dan mengembangkan pariwisata Lembah Papah

Tim pengabdian UJB memberikan pelayanan kepemudaan dan mengembangkan pariwisata Lembah Papah

tanpa judul

Krjogja.com – KULONPROGO – Tim Pengabdian Universitas Janabadra (UGB) Yogyakarta mendampingi kelompok pemuda di Dusun Kalibondol, Desa Sentolo, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo untuk mengembangkan wisata edukasi dan outbound berbasis alam di dusun setempat yang diberi nama “Wisata Edukasi dan Outbound” des Papah Valley’ , Agustus-Oktober 2022.

Tim pengabdian terdiri dari tiga orang dosen dari tiga jurusan yang berbeda di Universitas Janabadra, yaitu Fatsyahrina Fitriastuti MT (Program Studi Informatika), Arusmalem Ginting ST MT (Prodi Teknik Sipil) dan Dra B Nining Widiyanti MM (Program Studi Ekonomi Manajemen).

Melalui Beasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud, Tim Pengabdian Universitas Janabadra membantu memberikan solusi permasalahan mitra sesuai dengan latar belakang keilmuan Tim Pengabdian staf.

Fatsyahrina Fitriastuti mengatakan kepada Krjogja.com pada Selasa (10/11/2022) bahwa berdasarkan koordinasi dengan mitra dan perangkat desa melalui FGD yang diadakan, beberapa kendala telah diidentifikasi. Antara lain, keterbatasan kemampuan dukungan, keterbatasan kemampuan menjalankan promosi berbasis digital, dan keterbatasan kemampuan mengumpulkan catatan keuangan.

Menurut Fitri, solusinya adalah dengan melakukan pembangunan fasilitas umum, yaitu dua toilet, tempat mandi yang nyaman untuk dikunjungi wisatawan, dan pemasangan jaringan listrik. Kemudian melakukan promosi berbasis digital, khususnya dengan membuat website promosi pariwisata, membuat akun bisnis di media sosial yaitu IG (@lembah.papah), Facebook (@lembah papah) dan TikTok, serta mengoptimalkan akun media sosial tersebut.

Dilanjutkan dengan pelatihan strategi digital marketing dan optimasi media sosial untuk memastikan hasil yang optimal. Pelatihan akuntansi keuangan dan pelatihan manajemen untuk pengelola properti pariwisata. Semua kegiatan hampir selesai.

“Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan digital marketing dan edukasi serta pengelolaan wisata outbound di Lembah Papah agar lebih berdaya saing dan memberdayakan masyarakat sekitar,” kata Fitri. (Pengembang)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button