Tim Pengabdian Masyarakat ITNY Dorong Pengelolaan Desa Wisata Sermo DIY - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Tim Pengabdian Masyarakat ITNY Dorong Pengelolaan Desa Wisata Sermo DIY – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Gerbang masuk Kalitaji, Dusun Soka, Desa Sermo, Hargowilis, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (Spesial)

Solopos.com, SOLO — Kalitaji merupakan kawasan yang merupakan bagian dari Dusun Soka, Desa Sermo, Hargowilis, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kalitaji dekat dengan tempat wisata terkenal di Kulonprogo yaitu Waduk Sermo. Akses menuju Kalitaji melalui jalan pedesaan di sisi utara Waduk Sermo.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Jalan menuju Kalitaji sempit dan menanjak, dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Profil kondisi jalan di Kalitaji berkontur, dari perbukitan hingga lembah sungai. Kalitaji memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata di daerah Sermo.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sermo Hargowilis telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan daerah tersebut. Namun sejauh ini, keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa liburan masih kurang.

Untuk itu, Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PkM ITNY) diminta memberikan dukungan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan kegiatan pariwisata di Kalitaji.

Baca Juga: Mahasiswa Teknik Sipil ITNY Raih Piala Tekwondo UTI Pro USD 2022

Potensi utama di Kalitaji adalah potensi alam berupa perbukitan dan sungai. Kegiatan wisata yang dilakukan selama ini adalah kegiatan wisata minat khusus seperti camping dan hiking menyusuri sungai. Kafe, perkemahan, dan tempat bersantai di perbukitan tersedia bagi mereka yang mengunjungi tempat ini.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diperoleh Solopos.com, Selasa (20/9/2022), pegiat pariwisata di Desa Wisata Sermo Hargowilis yang diketuai Mujari mengatakan, sejauh ini hanya sebagian kecil masyarakat yang antusias dengan pengembangan pariwisata. desa. Diperlukan pendekatan dan pendampingan untuk menginspirasi masyarakat desa agar mau lebih berpartisipasi dalam pembangunan desa liburan.

Beberapa orang yang kini menjadi penggiat pariwisata adalah Rodliyanto, Warsono, Danang, Tri dan Udin, yang berbagi tugas menyiapkan dan mengelola kegiatan saat ada tamu. Tamu yang biasanya datang adalah komunitas khusus yang sangat ingin menikmati aktivitas wisata berupa tracking atau camping.

Tim PkM ITNY yang dikerahkan untuk mendukung Pokdarwis Desa Wisata Serm Hargowilis adalah Solikhah Retno Hidayati, ST, MT selaku ketua tim dan Dr. Ratna Kartikasari, ST, MT sebagai anggota.

Baca Juga: Mahasiswa ITNY Juarai Lomba Puisi Nasional

    Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PkM ITNY) bersama kontributor Pokdarwis Sermo Hargowilis di Kalitaji.  (Spesial)
Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PkM ITNY) bersama kontributor Pokdarwis Sermo Hargowilis di Kalitaji. (Spesial)

Selain itu, tim juga mengikutsertakan mahasiswa untuk kegiatan tersebut. Kegiatan PkM dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan yang terbagi dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah membayangkan tempat dan membaginya dengan komunitas.

Tahap kedua adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam mengembangkan desa wisata. Tahap ketiga adalah penyusunan program kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat.

Dalam kegiatan ini, masyarakat diajak untuk bersama-sama mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, aset, dan kendala yang mereka hadapi dengan menggunakan metode kalender musiman. Aspirasi masyarakat disaring melalui REA.

Potensi kegiatan pengembangan desa liburan dapat diperoleh dari hasil REA, antara lain pemanfaatan sungai untuk pemancingan atau pemancingan, pemanfaatan view dan landscape untuk spot foto bagi peminat foto, membudidayakan tanaman yang ada di hutan dan lembah untuk tanaman hias, dan berbagai kegiatan lainnya. kegiatan.

Kegiatan ini hemat biaya karena memanfaatkan potensi yang ada di Kalitaji. Program selanjutnya adalah Pendampingan Masyarakat untuk Meningkatkan Kapasitas Pengembangan Desa Wisata Sermo Hargowilis.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button