Tim Juri Penyelenggaraan Lomba Gotong Royong Tingkat Jatirejo Review Tingkat Jatirejo - WisataHits
Jawa Timur

Tim Juri Penyelenggaraan Lomba Gotong Royong Tingkat Jatirejo Review Tingkat Jatirejo

Tim Juri Penyelenggaraan Lomba Gotong Royong Tingkat Jatirejo Review Tingkat Jatirejo

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati hadir pada evaluasi lapangan tahap kedua kompetisi pelaksanaan gotong royong tingkat provinsi se-Jawa Timur di desa/kabupaten Jatirejo, Selasa pagi (9/8/2022).

IM.com – Lomba Gotong Royong tingkat Provinsi Jawa Timur memasuki tahap penjurian lapangan. Diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur, tim juri langsung mendatangi Desa Jatirejo, Kabupaten Mojokerto yang masuk dalam nominasi empat desa teratas di Jawa Timur.

Ada empat aspek yang dinilai dalam penilaian lapangan, yaitu bidang sosial, ekonomi, agama dan lingkungan. Turut hadir Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati pada kegiatan penilaian lapangan tahap II ini di desa/kelurahan Jatirejo, Selasa pagi (8/9/2022).

Ikfina mengatakan masuknya desa Jatirejo dalam nominasi empat desa terbaik di Jawa Timur menunjukkan bahwa masyarakat sangat prihatin. Selain itu, Ikfina juga menegaskan bahwa postur tubuh Gotong Royong adalah sesuatu yang sangat istimewa dan merupakan bagian dari budaya Indonesia.

“Ini adalah nilai yang harus dilestarikan dan menjadi satu dengan kita,” jelasnya.

Ikfina mengaku bangga dengan seluruh masyarakat Desa Jatirejo atas segala dukungan yang telah diberikan. Ikfina merasa bangga karena semua orang bersatu untuk mendukung penilaian review situs ini dengan menunjukkan potensi penuh mereka.

“Tidak banyak kata yang bisa diucapkan selain rasa syukur dan bangga bisa mengungkapkan semuanya,” ujarnya. (Baca: Desa Jatirejo Peringkat 4 Besar Penerjemah Gotong Royong Tingkat Provinsi Terbaik)

Secara terpisah, pada kesempatan ini Bupati Ikfina juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba gotong royong terbaik tingkat Kabupaten Mojokerto tahun 2022 yang diselenggarakan dalam rangka Bulan Bakti Sosial Masyarakat (BBGRM) XVII.

Tiga besar penghargaan diraih oleh masing-masing desa diantaranya Juara 1 di desa Jatirejo kecamatan Jatirejo dengan mendapatkan pembinaan sebesar 5 juta rupiah, kemudian Juara 2 diraih oleh desa Padi kecamatan Gondang yang mendapatkan biaya pembinaan Uang sebesar 4,5 juta rupiah diterima , dan Juara III diraih Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, yang mendapatkan biaya pembinaan sebesar 4 juta rupiah.

Bupati Ikfina mengatakan, 3 desa teratas di Kabupaten Mojokerto dalam BBGRM ini akan mendapatkan tambahan hadiah berupa BK Desa sesuai rangkingnya.

“Khusus untuk Desa Jatirejo, hadiah spesialnya adalah menyelesaikan pembangunan kantor Desa Jatirejo, dan kemarin saya ingin memiliki Jatirejo Park. Semoga dapat memberikan kontribusi bagi keharmonisan hubungan antar warga desa Jatirejo, meningkatkan semangat, meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Usai sambutan, Bupati Ikfina melanjutkan prosesi majelis Tirto Ngluhurake Momongan yang menyatukan sumber air lima rumah warga Jatirejo. Setelah itu dilanjutkan mengunjungi tempat produksi susu kambing etawa, wisata petik belimbing, mengunjungi kelompok ibu-ibu pembibitan. Tanam Makmur’, santunan 77 anak yatim Yayasan Sehati di Masjid Baiturohim, Jatirejo dan yang terakhir mengunjungi Punden mbah Sayyid Donopuro. (Saya)

Source: inilahmojokerto.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button